CARILAH TUHAN, MAKA KAMU AKAN HIDUP


Amos 5 : 4-6

4 Sebab beginilah firman Tuhan kepada kaum Israel: “Carilah Aku, maka kamu akan hidup! 5 Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan janganlah menyeberang ke Bersyeba, sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap.” 6 Carilah Tuhan, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Lirik sebuah lagu yang pernah kita dengar pada saat kanak-kanak sampai usia teruna seperti ini : “Cari apa di dalam dunia, cari apa di dalam dunia, cari dunia tentu binasa.... Cari Yesus yang penuh cinta..” Lagu ini sangat sederhana dan kata-katanya mudah untuk dicerna dan dimengerti. Lagu rohani populer yang sering dinyanyikan di persekutuan-persekutuan, di dalamnya ingin memberikan pengajaran kepada semua umat Tuhan. Pertanyaan pertama yang dapat diajukan menyangkut perihal ini adalah apa yang sebenarnya kita cari dalam dunia ini? Apa yang sesungguhnya dicari teruna ketika mengikuti kegiatan peribadahan? Benarkah kita mencari Tuhan? Ataukah mereka mencari “si dia” yang sudah diliriknya?


Allah menciptakan bumi ini dan segala isinya, menciptakan waktu bekerja selama 6 hari, dan pada hari ke 7 adalah waktu beristirahat. Waktu beristirahat itu ditetapkan supaya kita memiliki waktu untuk berjumpa dengan TUHAN. Kesibukan karena bekerja dan lain sebagainya membuat Allah bukan lagi menjadi prioritas dalam hidup manusia.


Sobat Teruna, seringkali kita memberi alasan bahwa kita tidak dapat memenuhi panggilan TUHAN, atau mencari TUHAN, karena masalah waktu. Masa kini, ternyata TUHAN sudah tidak lagi menjadi yang utama dalam hidup manusia. Waktu habis untuk memuaskan keinginan duniawi, ketimbang mencari TUHAN. Kita semua memiliki waktu dan kesempatan yang diberikan TUHAN untuk berjumpa dengan Dia. Semua sibuk karena belajar, kegiatan sekolah dan lain sebagainya. Tetapi, ingatlah firman hari ini mengatakan “cari TUHAN maka kamu akan hidup”.



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, ampunilah aku bahwa selama ini aku sesungguhnya tidak mencari Engkau. Aku lebih senang mencari kesenangan duniawi.