SPORTIF DAN SMART

31 Jul 2019

 

2 Korintus 10: 1-6

 12 Memang kami tidak berani menggolongkan diri kepada atau membandingkan diri dengan orang-orang tertentu yang memujikan diri sendiri. Mereka mengukur dirinya dengan ukuran mereka sendiri dan membandingkan dirinya dengan diri mereka sendiri. Alangkah bodohnya mereka! 13 Sebaliknya kami tidak mau bermegah melampaui batas, melainkan tetap di dalam batas-batas daerah kerja yang dipatok Allah bagi kami, yang meluas sampai kepada kamu juga. 14 Sebab dalam memberitakan Injil Kristus kami telah sampai kepada kamu, sehingga kami tidak melewati batas daerah kerja kami, seolah-olah kami belum sampai kepada kamu. 15 Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami. 16 Ya, kami hidup, supaya kami dapat memberitakan Injil di daerah-daerah yang lebih jauh dari pada daerah kamu dan tidak bermegah atas hasil-hasil yang dicapai orang lain di daerah kerja yang dipatok untuk mereka.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Bila hendak meraih kemenangan dan kesuksesan maka sportif dan smart sangat diperlukan. Karena orang yang berkompetisi dengan jiwa yang sportif dan dengan kemampuan yang smart akan menghantar dia menuju kemenangan dan kesuksesan, meski terkadang para lawan menganggap remeh bahkan hendak menjatuhkan kita. Akan tetapi jiwa yang sportif itu akan membantu kita menghargai apa yang kita lakukan dan yang dipercayakan kepada kita sehingga kita memahami batas-batas kemampuan kita, dan akan melakukan yang terbaik dengan kemampuan tersebut.

 

Sobat Teruna, Rasul Paulus sangat sportif dalam melakukan tugas pelayanan pemberitaan Injil yang dipercayakan Allah kepadanya. Dia menghargai batasan yang diberikan kepadanya dalam wilayah pelayanan yang Allah tunjukkan kepadanya, sehingga Paulus sama sekali tidak menyombongkan diri atas apa yang dilakukannya. Paulus menunjukkan kemampuan yang diberikan Tuhan kepadanya supaya dalam jemaat di Korintus melihat kemurnian pelayanan Paulus, walaupun banyak rasul-rasul palsu yang menentang dan berusaha menjatuhkan dia. Akan tetapi, jiwa yang sportif dan semangat pelayanan yang tinggi menjadikan Paulus pribadi yang smart serta patut diteladani..

 

Sobat Teruna, saat berkompetisi di dunia pendidikan atau olah raga maka kita dapat belajar dari sikap Rasul Paulus yang sportif dan smart ini. Kita tidak perlu menjadi sombong dengan kemampuan yang kita miliki atau kita berusaha menguasai apa yang menjadi bagian orang lain. Yang perlu kita lakukan adalah menunjukkan sportifitas dan kemampuan kita dalam hal apa yang dipercayakan kepada kita dan yang menjadi bagian kita. Dalam pelayanan di Pelkat PT, jadilah pribadi yang sportif dan smart agar kita bergandengan tangan bersama dan menjadi teladan untuk kemuliaan nama Tuhan.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

  Ya Tuhan, beri aku kemampuan dan kekuatan untuk melakukan tugas yang Engkau percayakan supaya aku menjadi teladan demi kemuliaan-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon