BERANI KARENA BENAR


2 Korintus 11: 16-29

16 Kuulangi lagi: jangan hendaknya ada orang yang menganggap aku bodoh. Dan jika kamu juga menganggap demikian, terimalah aku sebagai orang bodoh supaya aku pun boleh bermegah sedikit. 17 Apa yang aku katakan, aku mengatakannya bukan sebagai seorang yang berkata menurut firman Tuhan, melainkan sebagai seorang bodoh yang berkeyakinan, bahwa ia boleh bermegah. 18 Karena banyak orang yang bermegah secara duniawi, aku mau bermegah juga. 19 Sebab kamu suka sabar terhadap orang bodoh, karena kamu begitu bijaksana: 20 karena kamu sabar, jika orang memperhambakan kamu, jika orang menghisap kamu, jika orang menguasai kamu, jika orang berlaku angkuh terhadap kamu, jika orang menampar kamu. 21 Dengan sangat malu aku harus mengakui, bahwa dalam hal semacam itu kami terlalu lemah.Tetapi jika orang-orang lain berani membanggakan sesuatu, maka aku pun -- aku berkata dalam kebodohan -- berani juga! 22 Apakah mereka orang Ibrani? Aku juga orang Ibrani! Apakah mereka orang Israel? Aku juga orang Israel. Apakah mereka keturunan Abraham? Aku juga keturunan Abraham! 23 Apakah mereka pelayan Kristus? -- aku berkata seperti orang gila -- aku lebih lagi! Aku lebih banyak berjerih lelah; lebih sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut. 24 Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan, 25 tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut. 26 Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. 27 Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian, 28

dan, dengan tidak menyebut banyak hal lain lagi, urusanku sehari-hari, yaitu untuk memelihara semua jemaat-jemaat. 29 Jika ada orang merasa lemah, tidakkah aku turut merasa lemah? Jika ada orang tersandung, tidakkah hatiku hancur oleh dukacita?

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Tuduhan, intimidasi dan hinaan sering kita alami dari orang-orang yang merasa tersaingi dengan kita. Berbagai cara dilakukan agar kita menjadi kalah dan lemah. Dengan begitu mereka akan semakin meninggikan diri dan menganggap bahwa merekalah yang paling hebat sehingga kita seperti tidak ada apa-apanya. Padahal semua hal yang kita lakukan bukan untuk kepentingan kita, melainkan untuk kemajuan orang lain dan demi kebersamaan yang harmonis.


Sobat Teruna, persaingan yang dihadapi oleh rasul Paulus dalam pelayanannya kepada jemaat di Korintus merupakan tantangan yang berat. Paulus tidak berniat untuk membangun kompetisi dalam pelayanannya, tetapi rasul-rasul palsu yang lebih dulu menghina dan merendahkan Paulus. Berbagai intimidasi dan prasangka negatif dilontarkan kepada Paulus, akan tetapi Paulus tidak pernah mundur demi kemajuan Injil Kristus sebab dia yakin yang diberitakannya adalah kebenaran yang bersumber dari Allah sendiri. Paulus mengutarakan bagaimana dia juga mengalami penganiayaan karena Injil Kristus. Selain itu dia sama sekali tidak mencari keuntungan apa pun dalam pelayanan di tengah jemaat, namun sebaliknya dengan kemurnian hati Paulus melayani jemaat ini agar terus bertumbuh dan melahirkan persekutuan yang harmonis di dalam Yesus Kristus.


Sobat Teruna, mungkin di antara kita sering mengalami hal yang sama seperti Paulus. Saat kita melakukan pekerjaan baik dan berhasil maka tantangan dan cobaan sering datang kepada kita. Berbagai tuduhan, intimidasi dan hinaan juga kita alami dari orang lain. Tetapi mari kita belajar dari Paulus, berani berkata benar dan terus melakukan tugas yang dipercayakan Tuhan kepada kita. Setiap hal yang kita lakukan dalam kebenaran dan dengan hati yang murni, pasti Tuhan akan memberkati usaha dan kerja kita.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, berikan aku keberanian untuk melakukan kebenaran yang bersumber daripada-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon