TERUNA YANG TAHAN UJI


1 Petrus 1: 1-7

1 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, 2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu. 3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, 4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu. 5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir. 6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. 7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna, kita pasti sudah pernah melihat bunga atau tanaman yang segar maupun yang layu. Tanaman yang layu mempunyai warna daun yang tidak hijau segar dan bentuknya tidak sehat. Warna bunganya tidak berseri atau mungkin tidak berbunga sama sekali. Dalam beberapa hari atau minggu, besar kemungkinan tanaman tersebut akan mati jika sama sekali tidak disiram air. Air membawa nutrisi yang diperlukan tanaman untuk berkembang. Akar bertugas mencari nutrisi dengan bantuan air. Berbeda dengan tanaman yang rajin diberi air maupun pupuk. Dia akan tumbuh segar dan kuat. Menghasilkan buah atau bunga yang segar dan berwarna baik karena nutrisi yang diperlukan cukup.


Sobat Teruna, seperti itulah ibaratnya kehidupan kita baik rohani maupun jasmani. Makanan bergizi membuat kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan berprestasi. Rohani kita pun juga demikian. Rohani kita bertumbuh menjadi baik dan berbuah jika kita rutin menguatkannya dengan pembacaan firman TUHAN. Rohani kita kuat jika setiap hari diberi nutrisi firman sehingga kita berbuah. Kehidupan kita semua akan menjadi kehidupan yang berbahagia dan sukses. Kita tidak saja akan membanggakan orang tua namun terlebih lagi hidup kita menjadi persembahan yang harum bagi kemuliaan TUHAN (ayat 7).


Sudahkah sobat Teruna menyirami kehidupan rohani dengan benar? Jika kita mau menjadi teruna yang tahan uji, mari jangan pernah berhenti menyirami diri dengan firman Tuhan. Bertekun dalam pengenalan akan firman TUHAN dengan rajin membaca Alkitab dan hidup dalam persekutuan. Selamat berjuang menjadi teruna yang tahan uji dan kuat menghadapi tekanan. Mintalah selalu kekuatan dan hikmat dari Tuhan Yesus!

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, terima kasih untuk sudah mengingatkanku untuk rajin membaca firman-MU sehingga kehidupan rohaniku semakin kuat dan berbuah.