HIDUP DALAM FIRMAN TUHAN


1 Petrus 2: 1-8

1 Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah. 2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan, 3 jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan. 4 Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah. 5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah. 6 Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci:“Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih,sebuah batu penjuru yang mahal,dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan.” 7 Karena itu bagi kamu, yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya:“Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan,telah menjadi batu penjuru,juga telah menjadi batu sentuhandan suatu batu sandungan.” 8 Mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taat kepada firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Saat ini hampir semua orang kenal dengan yang namanya group Whatsapp dan biasanya menjadi anggota dari beberapa group. Demikian juga dengan yang siswa-siswi di sekolah yang pasti memiliki group ini. Group kelas biasanya membicarakan banyak hal, mulai dari permainan yang sedang kekinian sampai membahas pekerjaan rumah dan ulangan.


Dandy menanyakan pekerjaan rumah kepada teman group-nya karena beberapa hari yang lalu ia demam dan tidak masuk sekolah. Dandy berharap ia bisa mengerjakan tugas tersebut di saat ia masuk nanti. Sayangnya, si teman tidak memberikan jawaban yang sebenarnya sehingga Dandy tidak mengerjakan tugas dari sekolah yang harus dikumpulkan keesokan harinya. Hal ini dilakukan si teman hanya karena ia suka bercanda namun yang tidak ia sadari bahwa perbuatannya itu merugikan Dandy. Nampaknya bukan hal yang luar biasa ya tapi tindakan seperti ini tidak dibenarkan.


Sobat Teruna, banyak hal yang bisa kita lakukan yang bermanfaat bagi orang lain. Jangan menjadi batu sandungan bagi orang lain (ayat 1). Bagaimana kita bisa menjadi teruna Kristen yang tidak menjadi batu sandungan? Jawabannya adalah dengan hidup dalam firman Tuhan yang diperoleh dari ketekunan kita membaca Alkitab dengan rutin. Ketekunan kita hidup dalam firman-Nya akan membantu untuk mengetahui dan melakukan kehendak Tuhan yang harus selalu dilakukan. Sehingga setiap perilaku kita selalu mendatangkan kebaikan hidup dan kesejahteraan bagi semua orang. Ingat ya, firman Tuhan adalah satu-satunya sumber kekuatan bagi jiwa dan raga yang menuntun, menguatkan dan menyelamatkan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tuntunlah aku dengan Roh Kudus agar aku dimampukan untuk melakukan hal-hal yang berguna bagi orang lain dan tidak menjadi batu sandungan.