TETAP SETIA DAN LAKUKAN YANG BENAR


Mazmur 37 : 1 - 6

1 Dari Daud. Jangan marah karena orang yang berbuat jahat, jangan iri hati kepada orang yang berbuat curang; 2 sebab mereka segera lisut seperti rumput dan layu seperti tumbuh-tumbuhan hijau. 3 Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia ,4 dan bergembiralah karena Tuhan; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. 5 Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; 6 Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Seorang teruna pernah curhat tentang kekesalannya terhadap teman yang mendapatkan prestasi dengan cara curang. Ujarnya: “Kak,katanya Tuhan itu adil, tapi kenapa Tuhan membiarkan mereka yang senang menyontek mendapatkanprestasi?” Pengalaman ini bisa saja terjadi dalam kehidupan sobat Teruna yang berusaha hidup dalam kebenaran. Kita menjadi kesal dan iri hati pada keberhasilan orang-orang yang hidup dalam ketidakbenaran. Apalagi jika kita dengan mata kepala sendiri melihat ada banyak teman-teman sebaya yang melakukan kecurangan dan menjadi berhasil oleh karena kecurangan mereka.


Sobat Teruna, hal seperti ini juga dialami oleh orang-orang benar yang mempertahankan hidup dalam perintah dan ketetapan Tuhan. Mereka menjadi marah, panas hati, bersedih, bahkan iri hati atas semua ketidakadilan yang terjadi. Oleh karenanya, Daud memberikan nasihat tentang sikap dan tindakan yang harus dimiliki untuk menghadapi orang-orang yang curang dan jahat itu. Nasihat Daud ini pun berlaku untuk kehidupan kita sekarang. Menurut Daud, sebagai orang-orang yang hidup dalam kebenaran,kita diminta untuk:

- Tetap setia kepada Tuhan. Sebagai terunanya Tuhan, maka tindakan kita tidak perlu dipengaruhi oleh perbuatan orang lain. Kita jangan mengikuti standar perilaku yang tidak benar, melainkan tetap melakukan yang benar. Biarlah kehadiran kita memberikan teladan kehidupan yang mencerminkan sikap jujur, sabar dan taat melakukan perintah Tuhan.

- Tidak usah marah dan iri hati terhadap mereka yang hidup tidak benar. Tidak perlu juga ikut-ikutan bersikap tidak benar, karena mereka yang hidup dalam ketidakbenaran akan segera lisut dan layu atau tidak mengalami kehidupan yang damai sejahtera dan kekal. Percayalah, Tuhan akan menyatakan kuasa pembelaan-Nya pada kita yang hidup dalam kebenaran-Nya! (MML)

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolonglah aku agar tetap setia pada perintah-Mu dan tetap melakukan yang benar.