TEKUN BERBUAT BAIK

 

1 Petrus 3 : 13 - 16

13 Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik? 14 Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar. 15 Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat, 16 dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Sobat Teruna, biasanya orang akan berbuat baik ketika dalam kondisi bersukacita dan berkelebihan. Sebaliknya, kalau sedang dalam tekanan, menghadapi persoalan dan pergumulan, maka tindakan berbuat baik tidak akan dilakukan. Benarkah?

 

Rasul Petrus menasihatkan beberapa hal kepada jemaat Kristen yang tersebar di wilayah Asia kecil, ketika mereka mengalami penderitaan sebagai konsekuensi dari sikap hidup yang taat dan beriman kepada Tuhan Yesus Kristus:

- Pertama, tetap rajin dan tekun berbuat baik kepada siapapun, sekalipun lingkungan sekitar tidak menginginkan kehadiran mereka. Sebab tindakan berbuat baik itu mencegah kejahatan bertambah dan berkembang, serta melatih kesabaran dalam menghadapi orang lain maupun situasi di sekitar mereka. Walaupun mereka mengalami penderitaan, namun akan tetap berbahagia dalam pemeliharaan kuasa kasih Kristus.

- Kedua, tetap setia beriman kepada Kristus. Penderitaan tidak boleh membuat mereka merasa takut menghadapi siapapun dan apapun, apalagi berbalik meninggalkan Yesus. Sebaliknya, Kristus harus tetap diutamakan dalam kehidupan mereka.

- Ketiga, selalu siap memberi kesaksian tentang Injil kepada orang lain dengan ketulusan dan hati nurani yang murni. Tindakan ini menjadikan orang-orang yang tidak menyukai dan memfitnah mereka merasa malu.

 

Sobat Teruna, dalam kondisi apapun, rasul Petrus mengingatkan kita untuk tetap rajin dan tekun berbuat baik, serta beriman kepada Tuhan Yesus. Tunjukanlah iman yang tetap mengasihi Dia dan orang lain, walaupun di sekitar kita banyak yang memfitnah dan tidak menyukai kehadiran kita karena ketaatan hidup beriman kita kepada Kristus. Bersaksilah melalui keteladanan hidup yang baik dan benar. Ingatlah bahwa kita adalah orang-orang yang akan menikmati kebahagiaan dari dan bersama Allah. Tuhan Yesus memampukan!

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus tolonglah aku menjadi Teruna-Mu yang setia dan rajin berbuat baik kepada semua orang, tanpa kecuali, walaupun untuk tindakan itu aku harus menderita.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon