MENJADI PRIBADI YANG BIJAK

 

Amsal 15 : 24 - 26

24 Jalan kehidupan orang berakal budi menuju ke atas, supaya ia menjauhi dunia orang mati di bawah. 25 Rumah orang congkak dirombak TUHAN, tetapi batas tanah seorang janda dijadikan-Nya tetap. 26 Rancangan orang jahat adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi perkataan yang ramah itu suci..

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Sobat Teruna, sejak bangun tidur, kita sudah diperhadapkan dengan pilihan: mau langsung bangun atau tidur lagi. Kalau pun kita memilih langsung bangun maka pilihan berikutnya diberikan: mau mandi atau sarapan dulu. Hal ini hendak mengatakan kepada kita bahwa dalam kehidupan ada begitu banyak pilihan. Namun yang penting bukan soal seberapa banyak pilihan, melainkan lebih pada seberapa bijak kita menentukan pilihan.

 

Sobat Teruna, pada bacaan hari ini juga dikemukakan beberapa pilihan, yaitu memilih rancangan yang gagal atau berhasil (ay. 22). Memilih berkata bijak atau sekedar kata-kata yang indah (ay. 23). Memilih jalan kehidupan atau jalan kematian (ay. 24). Memilih hidup dalam kasih atau hidup dalam kecongkakan (ay.25). Dalam setiap pilihan yang diberikan, sesungguhnya Firman Tuhan sudah mengarahkan pilihan mana yang sebaiknya diambil, karena pada setiap pilihan selalu terkandung konsekuensi. Dengan jelas Firman Tuhan dalam Amsal ini mengatakan bahwa rancangan dapat berhasil ketika ada kesediaan mendengar nasihat orang lain (ay. 22). Bahwa setiap orang dapat berkata-kata dengan indah, namun perkataan yang bijak akan disampaikan pada waktu yang tepat (ay. 23). Bahwa orang yang bijak akan membawanya pada jalan kehidupan (ay. 24), namun hidup dalam kecongkakan hanya akan membawa kepada kehancuran (ay. 25).

 

Sobat Teruna, memahami akan hal itu, maka kita diingatkan oleh Firman Tuhan untuk senantiasa memilih menjadi pribadi yang bijak, agar kita beroleh hidup. Sebab hidup yang bijak mampu menuntun seseorang untuk dapat membedakan mana yang baik dan mana yang jahat.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, mohon bentuklah aku menjadipribadi yang bijak, sehingga hidupku selalu berkenan kepada-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon