TAAT DAN IKUTI PERINTAH

 

Yosua 6 : 1 - 11

1 Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: 2 "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. 3 Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa. 4 Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu. 5 Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau. 6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. 7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. 8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." 10 Lalu Yosua memberi perintah kepada pengatur-pengatur pasukan bangsa itu, katanya: 11 "Jalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sediakanlah bekalmu, sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan ini untuk pergi menduduki negeri yang akan diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diduduki.".

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Sobat Teruna, apa kriteria untuk menjadi seorang prajurit terbaik? Apakah dari kecakapannya memegang senjata atau keberaniannya melawan musuh? Kriteria prajurit terbaik adalah taat pada perintah komandannya. Memang, kecakapan memegang senjata dan keberanian sangat dibutuhkan dalam berperang, tetapi lebih dari itu, kepatuhan atau ketaatan mengikuti perintah atasan adalah hal yang terbaik. Ketika prajurit diperintahkan oleh komandannya untuk berperang hingga titik darah penghabisan atau mundur dari pertempuran, maka tanpa banyak tanya, protes, ataupun berbantah; dia harus taat.

 

Ketaatan mengikuti perintah juga dilakukan oleh Yosua beserta orang Israel ketika akan memasuki tanah Kanaan. Tempat pertama yang dimasuki adalah Yerikho. Tidak mudah masuk ke Yerikho, sebab kota itu memiliki gerbang yang sangat kokoh, tebal, dan telah ditutup rapat. Untuk membuka gerbang itu sangat tidak mudah, kekuatan manusia tidak bisa merobohkannya.

 

Tuhan tahu cara yang tepat untuk membukanya, namun dibutuhkan ketaatan. Orang Israel hanya diminta mengelilingi tembok tersebut. Syaratnya, mereka harus berkeliling selama 6 hari dengan urutan: para prajurit, 7 imam pembawa sangkakala (Shofar), para imam pembawa Tabut Perjanjian, serta barisan penutup. Ketika mereka berkeliling, tak sepatah kata pun boleh terucap. Pada hari ketujuh, saat sangkakala dibunyikan dan Yosua memerintahkan untuk bersorak, maka orang Israel harus bersorak nyaring. Bangsa Israel melakukan tepat seperti yang diperintahkan Tuhan kepada mereka. Hasilnya, tembok Yerikho yang kokoh tersebut runtuh.

 

Sobat Teruna, dari kisah ini kita belajar bahwa bukan hanya sekedar kerja keras yang membuat seseorang atau suatu bangsa mencapai keberhasilan, melainkan ketaatan kepada perintah Tuhan. Taat adalah jalan menuju keberhasilan. Karena itu, mari selalu menaati firman Tuhan!.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolong aku menjadi anak-anak yang taat,sehingga mendapatkan cara untuk berhasil yang berkenan kepada-Mu dan berkemenangan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon