BEKERJASAMA ITU JAUH LEBIH BAIK DARIPADA SENDIRI-SENDIRI


Titus 1 : 1 - 9

1 Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan akan kebenaran seperti yang nampak dalam ibadah kita, 2 dan berdasarkan pengharapan akan hidup yang kekal yang sebelum permulaan zaman sudah dijanjikan oleh Allah yang tidak berdusta, 3 dan yang pada waktu yang dikehendaki-Nya telah menyatakan firman-Nya dalam pemberitaan Injil yang telah dipercayakan kepadaku sesuai dengan perintah Allah, Juruselamat kita. 4 Kepada Titus, anakku yang sah menurut iman kita bersama: kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Juruselamat kita, menyertai engkau. 5 Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu, 6 yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib. 7 Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah, 8 melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri 9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Apakah Sobat Teruna pernah mendengar peribahasa, “ringan sama dijinjing, berat sama dipikul ? Menurut wikiquote, makna peribahasa tersebut adalah pekerjaan yang berat akan terasa ringan apabila dikerjakan bersama-sama. Peribahasa ini cocok untuk menggambarkan nasihat Rasul Paulus kepada Titus.


Titus adalah salah seorang murid Rasul Paulus yang diutus untuk menata kehidupan Jemaat di Kreta. Kreta adalah nama pulau yang menjadi bagian dari wilayah Yunani. Rasul Paulus pernah singgah di Kreta. Pengajarannya menarik banyak orang di sana untuk menjadi pengikut Kristus. Ketika Rasul Paulus hendak melanjutkan penginjilannya ke tempat lain, dia menugaskan Titus untuk menjadi pembimbing rohani bagi jemaat di Kreta. Sebagai langkah pertama, Titus diminta untuk menetapkan para penatua di setiap jemaat di kota-kota yang ada di Kreta. Proses penetapan para penatua itu didasarkan atas sejumlah syarat yang ditentukan oleh Rasul Paulus dalam suratnya. Tujuannya agar mereka nantinya dapat menjadi teladan dan mendukung pelayanan di tengah dan di luar jemaat. Dengan demikian tugas Titus tidak menjadi terlalu berat.


Sobat Teruna, ada sebuah ungkapan bijak yang mengatakan, “Mengangkat satu meja pendek bisa kita lakukan sendiri, tetapi mengangkat meja besar lebih baik dilakukan bersama-sama.” Mengangkat satu meja pendek, bisa dilakukan sendiri, bila itu ringan. Sedangkan satu meja besar pasti amat berat, karenanya tidak mungkin dilakukan sendiri. Kalaupun dipaksakan melakukannya, pasti capek sekali. Karena itu lebih baik apabila kita tidak sendirian saat mengangkat meja besar tersebut. Kita dapat bekerjasama dengan orang lain untuk mengangkatnya. Sobat Teruna, jangan ragu ya untuk bekerjasama dengan orang lain. Ingatlah, tidak ada pekerjaan yang sukar bila kita mengerjakannya dengan bekerjasama.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong jauhkanlah sifat egois dan mementingkan diri sendiri dari diriku dan tuntunlah aku untuk dapat bekerjasama dengan orang lain di sekitarku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon