TIRU


 

Mazmur 53 : 1 - 7

1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat. Nyanyian pengajaran Daud. 2 Orang bebal berkata dalam hatinya: "Tidak ada Allah!" Busuk dan jijik kecurangan mereka, tidak ada yang berbuat baik. 3 Allah memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia, untuk melihat apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah. 4 Mereka semua telah menyimpang, sekaliannya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak. 5 Tidak sadarkah orang-orang yang melakukan kejahatan, yang memakan habis umat-Ku seperti memakan roti, dan yang tidak berseru kepada Allah?6 Di sanalah mereka ditimpa kekejutan yang besar, padahal tidak ada yang mengejutkan; sebab Allah menghamburkan tulang-tulang para pengepungmu; mereka akan dipermalukan, sebab Allah telah menolak mereka. 7 Ya, datanglah kiranya dari Sion keselamatan bagi Israel! Apabila Allah memulihkan keadaan umat-Nya, maka Yakub akan bersorak-sorak, Israel akan bersukacita.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Saat ini banyak sekali tindakan yang menjadi viral di media sosial dan ditiru oleh pengguna media sosial lainnya. Mulai dari yang positif seperti cover lagu sampai tindakan negatif seperti membobol pintu. Semakin hari semakin banyak perilaku manusia tersebut yang bertebaran di medsos. Sering kali ketika berniat baik meng-upload konten di medsos, malah disalahgunakan untuk melakukan hal yang tidak baik. Apalagi konten berisi hal yang tidak baik disertai dengan niat yang tidak baik, pastilah akan semakin merusak. Ini menjadi tantangan bagi Teruna untuk memilah dan memilih dengan hikmat.


Memilah dan memilih dengan hikmat Allah akan membawa Teruna dituntun Allah ke arah hidup yang berkenan di hadapan-Nya. Seperti dalam Mazmur 53, ada orang bebal atau orang yang fasik yang tidak memiliki hikmat dan iman kepada Allah membawa mereka pada tindakan yang busuk, curang dan bejat. Mereka melakukan kejahatan. Allah ingin melihat umat yang masih berakal budi dan masih mencari Allah yaitu umat yang berhikmat dan beriman kepada-Nya. Allah mencari untuk menyelamatkan dan memulihkan keadaan mereka yang hidup di tengah tindak kejahatan orang-orang yang bebal.


Soba Teruna, Allah ingin dalam kehidupan dunia yang semakin ‘wah’ ini orang percaya bukan ikut-ikutan ‘wah’ dengan melakukan kebebalan yang berujung pada kejahatan. Jangan meniru yang salah apalagi ketika ada ketidakadilan alih-alih memerangi, kita malah mengatakan “ah, gak apa lah toh sama orang lain juga gini”. Mari tetap memohon tuntunan Tuhan dan mencari Allah dengan setia melakukan firman-Nya. Bukan ikut meniru apa yang viralsupaya seperti manusia lainnya, lebih baik viralkan gaya hidup yang berpadanan dengan firman Allah.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuntun aku Tuhan untuk setia melakukan kebaikan sesuai firman-Mu.