DENGARLAH FIRMAN TUHAN!

27 Nov 2019

 

Yosua 3: 1 - 13

Yosua bangun pagi-pagi, lalu ia dan semua orang Israel berangkat dari Sitim, dan sampailah mereka ke sungai Yordan, maka bermalamlah mereka di sana, sebelum menyeberang. Setelah lewat tiga hari, para pengatur pasukan menjalani seluruh perkemahan, dan memberi perintah kepada bangsa itu, katanya: "Segera sesudah kamu melihat tabut perjanjian TUHAN, Allahmu, yang diangkat para imam, yang memang suku Lewi, maka kamu harus juga berangkat dari tempatmu dan mengikutinya-- hanya antara kamu dan tabut itu harus ada jarak kira-kira dua ribu hasta panjangnya, janganlah mendekatinya-- maksudnya supaya kamu mengetahui jalan yang harus kamu tempuh, sebab jalan itu belum pernah kamu lalui dahulu." Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Kuduskanlah dirimu, sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu." Dan kepada para imam itu Yosua berkata, demikian: "Angkatlah tabut perjanjian dan menyeberanglah di depan bangsa itu." Maka mereka mengangkat tabut perjanjian dan berjalan di depan bangsa itu. Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: "Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau. Maka kauperintahkanlah kepada para imam pengangkat tabut perjanjian itu, demikian: Setelah kamu sampai ke tepi air sungai Yordan, haruslah kamu tetap berdiri di sungai Yordan itu." Lalu berkatalah Yosua kepada orang Israel: "Datanglah dekat dan dengarkanlah firman TUHAN, Allahmu." 10 Lagi kata Yosua: "Dari hal inilah akan kamu ketahui, bahwa Allah yang hidup ada di tengah-tengah kamu dan bahwa sungguh-sungguh akan dihalau-Nya orang Kanaan, orang Het, orang Hewi, orang Feris, orang Girgasi, orang Amori dan orang Yebus itu dari depan kamu: 11 sesungguhnya, tabut perjanjian Tuhan semesta bumi berjalan menyeberang di depan kamu, masuk ke sungai Yordan. 12 Maka sekarang, pilihlah dua belas orang dari suku-suku Israel, seorang dari tiap-tiap suku. 13 Segera sesudah kaki para imam pengangkat tabut TUHAN, Tuhan semesta bumi, berhenti di dalam air sungai Yordan, maka air sungai Yordan itu akan terputus; air yang turun dari hulu akan berhenti mengalir menjadi bendungan."

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Di kantor gereja, dipasang sebuah bel dengan sumber tenaganya dua buah batu baterai. Jika baterainya masih baru maka suara bel akan terdengar merdu. Jika tenaga baterainya melemah, nada belnya menjadi sangat melenceng dan membisingkan telinga.

 

Sobat Teruna, bagaimana dengan suara firman Tuhan? Ya, suara itu tidak pernah melemah. Demikianlah suara itu yang menuntun bangsa Israel berjalan menuju Tanah Perjanjian. Pada ayat 9, Yosua memanggil bangsa Israel sebelum mereka memasuki Tanah Kanaan. Ia mengatakan supaya bangsa Israel mendengarkan Firman TUHAN Allah. Ketika Firman TUHAN itu didengar maka bersemangatlah bangsa Israel dan mulai berjalan memasuki tanah Kanaan. Demikian juga terjadi keajaiban seperti yang diungkapkan Firman TUHAN yaitu air sungai Yordan berhenti mengalir dari hulu sungai selama mereka menyeberang (bacalah ayat 13 dan ayat selanjutnya).

 

Sobat Teruna, mendengarkan nasihat orangtua adalah sikap yang baik. Apalagi mendengarkan Firman Tuhan, sudah pasti menyelamatkan. Jika kita sempat merasa tersakiti oleh ejekan teman, tersakiti oleh sindiran teman, atau di-bully melalui media massa, janganlah menjadi minder atau merasa tersingkir. Jangan dengarkan kata-kata mereka. Dengarlah Firman TUHAN Allah yang berjanji membimbing dan menjaga kita, seperti saat Ia membimbing dan menjaga orang Israel. Maka segala ejekan atau sindiran kepada kita akan berhenti dan diganti oleh keberhasilan meraih cita-cita. Sebaliknya juga,janganlah kita mengejek atau mem-bully orang lain. Sebab seperti Yosua bukankah lebih baik memberitakan Firman TUHAN yang menyelamatkan pendengarnya daripada ejekan yang membuat oranglain sengsara? Jadi dengar dan gaungkanlah Kabar Baik kepada semua orang. Itulah maksud Firman TUHAN hari ini bagi kita.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa yang ada di Sorga, bersyukur selalu ada waktu terbaik dari-Mu bagikuuntuk mendengarkan Firman-Mu dan juga waktu yang baik untuk menyampaikan Firman TUHAN kepada kepada teman-temanku agar mereka diberkati dan hidup sukacita.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon