ALLAH MELAWAT MANUSIA UNTUK MEMBERIKAN DAMAI SEJAHTERA

4 Dec 2019

 

Mikha 5 : 1 - 5

1 Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. 2 Sebab itu ia akan membiarkan mereka sampai waktu perempuan yang akan melahirkan telah melahirkan; lalu selebihnya dari saudara-saudaranya akan kembali kepada orang Israel. 3 Maka ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan Tuhan, dalam kemegahan nama Tuhan Allahnya; mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi, 4 dan dia menjadi damai sejahtera. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia. 5 Mereka itu akan mencukur negeri Asyur dengan pedang dan negeri Nimrod dengan pedang terhunus; mereka akan melepaskan kita dari Asyur, apabila ia ini masuk ke negeri kita dan menginjak daerah kita.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Sobat Teruna, di tengah segala kesukaran dan penderitaan, apa yang dapat kita harapkan? Di tengah-tengah kehidupan umat pada saat itu, melalui nabi Mikha, Tuhan menyampaikan bahwa Yehuda akan menghadapi bencana. Mikha mengemukakan bahwa Allah pasti menghukum bangsa Yehuda karena mereka kejam, tidak adil terhadap sesamanya bahkan bangga atau sombong dengan dosa-dosanya. Akibatnya akan terjadi bencana yang menimpa kerajaan. Namun demikian, di balik rencana penghukuman, Tuhan sudah menyiapkan yang terbaik bagi umat-Nya. Dalam ayat bacaan diperlihatkan bahwa ada gambaran tentang kedamaian di seluruh dunia di bawah pimpinan Allah (4:1-4). Hal ini ditandai dengan nubuatan tentang hadirnya seorang raja besar yang akan muncul dari keturunan Daud yang membawa kedamaian kepada bangsa Yehuda (5:2-4). Ia hadir sebagai seorang raja yang akan memerintah Israel (5:1). Ia akan menggembalakan umat-Nya dalam kekuatan Tuhan dan kemegahan nama Tuhan Allah-Nya. Ia akan membuat bangsa Israel menjadi besar sampai ke ujung bumi (5:3). Ia akan memberikan damai sejahtera bahkan ketika ada musuh yang menyerang. Ia akan melepaskan umat-Nya dari musuh-musuh-Nya (5:4-5). Ia yang akan menggantikan para pemimpin yang tidak adil dan penuh kesombongan. Ia akan memimpin dengan sukacita dan damai sejahtera.

 

Sobat Teruna, di tengah pergumulan, kita pun mengharapkan adanya damai sejahtera, bukan? Dalam pergumulan itu, damai sejahtera hanya dapat diperoleh melalui Tuhan yang hadir dalam hidup kita. Ia akan menggantikan kesukaran dengan kesukaan, dukacita dengan sukacita. Sebab Ia sendiri yang hadir sebagai damai sejahtera dalam hidup kita, sebagaimana yang disampaikan dalam ayat 4 “…dan Ia menjadi damai sejahtera…” Jadi, jangan takut, tapi percayakan hidup kita kepada-Nya!

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, mohon datanglah agar aku dapat merasakan kasih-Mu, sebab Engkaulah Sang damai sejahtera.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon