PELANGI KASIH TUHAN


Zakaria 9 : 11 - 17

11 Mengenai engkau, oleh karena darah perjanjian-Ku dengan engkau, Aku akan melepaskan orang-orang tahananmu dari lobang yang tidak berair. 12 Kembalilah ke kota bentengmu, hai orang tahanan yang penuh harapan! Pada hari ini juga Aku memberitahukan: Aku akan memberi ganti kepadamu dua kali lipat! 13 Sebab Aku melentur Yehuda bagi-Ku, busur Kuisi dengan Efraim, dan Aku mengayunkan anak-anakmu, hai Sion, terhadap anak-anakmu, hai Yunani, dan Aku akan memakai engkau seperti pedang seorang pahlawan. 14 TUHAN akan menampakkan diri kepada mereka, dan anak panah-Nya akan melayang keluar seperti kilat. Dan Tuhan ALLAH akan meniup sangkakala dan akan berjalan maju dalam angin badai dari selatan. 15 TUHAN semesta alam akan melindungi mereka, dan mereka akan menghabisi dan menginjak-injak pengumban-pengumban. Mereka akan minum darah seperti minum anggur dan menjadi penuh seperti bokor penyiraman, seperti penjuru-penjuru mezbah. 16 TUHAN, Allah mereka, akan menyelamatkan mereka pada hari itu; seperti kawanan domba umat-Nya itu, sungguh, mereka seperti permata-permata mahkota yang berkilap-kilap, demikianlah mereka di tanah TUHAN. 17 Sungguh, alangkah baiknya itu dan alangkah indahnya! Teruna bertumbuh pesat karena gandum, dan anak dara karena anggur.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


“Jalan hidup tak selalu tanpa kabut yang pekat,

namun kasih Tuhan nyata pada waktu yang tepat

mungkin langit tak terlihat oleh awan yang tebal

di atasnyalah membumbung p’langi kasih yang kekal

habis hujan tampak p’langi bagai janji yang teguh

di balik duka menanti p’langi kasih Tuhanku"


Lagu tersebut mengingatkan kita pada kasih setia Tuhan, seperti bacaan Alkitab saat ini. Bacaan ini merupakan bagian dari nubuatan tentang Juruselamat yang akan datang ke dunia dan penghakiman terakhir. Penyelamat datang untuk memulihkan bangsa Israel. Penderitaan yang dialami umat akan digantikan dengan kesukacitaan. Tuhan melakukan semuanya karena Ia tetap memegang perjanjian-Nya, sekalipun umat-Nya selalu tegar tengkuk dan keras kepala sehingga harus mengalami hukuman. Tuhan tidak pernah membiarkan umat-Nya terus berada dalam penderitaan. Ia akan memulihkan keadaan umat-Nya dalam damai sejahtera dan melepaskan mereka dari penderitaan (9:11). Tuhan akan mengganti dua kali lipat dari apa yang telah mereka miliki sebelumnya (9:12). Ia akan bertindak untuk melindungi dan menjaga umat-Nya dari musuh-musuh yang telah menindas mereka (9:15). Ia akan menjadikan mereka sebagai permata-permata mahkota yang berkilap-kilap dan penuh dengan keindahan (9:16-17).


Sobat Teruna, Tuhan sungguh mengasihi dan mencintai umat-Nya. Sekalipun umat-Nya terkadang tidak setia dan bergulat dengan dosa, namun kasih Tuhan tetap nyata. Ia datang untuk menyelamatkan manusia dari segala dosa dan memberikan kehidupan yang baik. Karenanya, marilah menghayati bahwa Tuhan sungguh sayang kepada kita. Ia tetap mengasihi kita. Sekalipun kita telah berbuat dosa, tetapi diampuni-Nya ketika bertobat. Tuhan menyelamatkan dan memberikan harapan, bahwa di balik hujan ada pelangi indah, sebagaimana janji kasih setia-Nya yang teguh

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Terima kasih ya Tuhan, Engkau senantiasa mengasihiku. Aku percaya di balik hujan ada pelangi indah yang Tuhan nyatakan dalam hidupku.