TUHAN PEDULI

10 Dec 2019

 

Mazmur 40 : 1 - 6

Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. 2 Aku sangat menanti-nantikan Tuhan; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong. 3 Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu,menetapkan langkahku, 4 Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan. 5 Berbahagialah orang,yang menaruh kepercayaannya pada Tuhan, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan! 6 Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya Tuhan, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau !Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung..

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Sobat Teruna, ada lima hal yang bisa dipelajari dari Mazmur ini. Pertama, ayat 2 “Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.” Menanti adalah hal yang tidak disukai dan paling membosankan bagi kebanyakan orang. Apalagi bagi kita yang sukanya serba instan. Contoh: Eva sedang jatuh cinta menantikan kunjungan pacarnya dan berdoa, “Tuhan Yesus, bimbinglah dia tiba di rumahku. Saat ini hujan badai.” Dua jam menanti, pacarnya tiba dengan selamat. Penantian yang tidak sia-sia. Tuhan mendengar karena peduli. Kedua, ayat 3 “Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan,…...Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku,….” Adam kecelakaan sepeda motor, dirawat di rumah sakit. Kaki dan tangannya digips karena retak tulang. Dahinya yang robek dijahit. Setelah enam bulan pulih, Adam memuliakan Tuhan. Tuhan peduli, Adam dipulihkan. Ketiga, ayat 4 “Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.” Yakobus, operasi amandel. Setahun pulih, Yakobus bisa bernyanyi kembali. Dia mengaminkan. Yakobus bisa bernyanyi kembali karena Tuhan peduli. Keempat, ayat 5 “Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan!” Irwan menyesal membohongi orangtuanya, guru dan teman-temannya. Kesukaannya membuat cerita bohong (hoax). Ia mengakui dan menyesalinya. Irwan menyesal karena Tuhan peduli.Kelima, ayat 6 “Banyaklah yang Tuhan lakukan, ajaib tak tertandingi.”

 

Sobat Teruna, setiap kejadian atau peristiwa dalam hidup kita, mari kita belajar mengimani bahwa Tuhan sedang bekerja di dalamnya, karena TUHAN PEDULI.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, ajarkanlah aku setia menantikan-Mu dan menghayati pekerjaan-Mu di setiap langkah hidupku.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon