TUHAN YESUS PENDAMAI ABADI

27 Dec 2019

 

1 Yohanes 2 : 1 - 2

1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. 2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Alkitab mengajarkan dalam kitab Kejadian bahwa dosa manusia diawali oleh Adam dan Hawa. Mereka melanggar perintah Allah dengan memakan buah dari pohon pengetahuan yang baik dan jahat (Kej. 2:15-17 dan 3:9-13). Karena itu sobat Teruna perlu mengetahui secara Alkitabiah beberapa jenis dosa; 1) melanggar hukum Taurat, 2) memberontak melawan Allah, 3) tindakan kekerasan terhadap orang lain, 4) tidak mempersembahkan kurban yang benar, 5) tindakan jahat dari hati yang angkuh, 6) hidup yang tidak memantulkan kemuliaan Allah, 7) dosa pribadi yang mengakibatkan orang lain ikut menanggung. Dampak dari dosa manusia adalah maut dan kematian kekal. Dosa membuat hubungan manusia dengan Tuhan Allah terputus. Terjadilah jurang yang luar biasa menganga lebar dan dalam antara relasi manusia dengan Tuhan Allah. Tak ada seorang pun di jagad-raya ini yang sanggup serta mampu mengatasi dan menghapus kuasa dosa. Hanyalah anugerah serta kasih sayang Tuhan Allah sendiri yang bisa menghapus dosa dan kesalahan kita manusia. Anugerah keselamatan yang mendamaikan relasi Tuhan Allah terhadap manusia berdosa hanyalah melalui Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus adalah pendamai abadi antara Allah dan manusia. Tuhan Yesuslah yang bisa menghapus segala dosa dan kesalahan kita manusia, melalui kematian serta kebangkitan-Nya. Kuasa dosa dan maut dikalahkan, bahkan dosa tidak berkuasa lagi bagi semua orang beriman termasuk sobat Teruna.

 

Sobat Teruna, mari bersyukur sebab kita mempunyai pengantara dan pendamai. Itu hal yang melebihi daripada mempunyai materi apa pun di dunia ini. Sebab kekayaan tidak dapat menyelamatkan kita tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut (Amsal 11:4). Yesuslah jalan, kebenaran dan hidup, yang lain tidak (Yohanes 14:6).

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku bersyukur mempunyai pengantara pada Bapa dan pendamaian di dalam kasih-Mu, sehingga masalah dosa apa pun dapat terselesaikan berkat anugerah-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon