BERSAMA ALLAH, TIDAK TAKUT APA PUN

28 Dec 2019

 

Yesaya 52 : 1 - 2

1 Terjagalah, terjagalah! Kenakanlah kekuatanmu seperti pakaian, hai Sion! Kenakanlah pakaian kehormatanmu, hai Yerusalem,  kota yang kudus! Sebab tidak seorang pun yang tak bersunat atau yang najis akan masuk lagi ke dalammu. 2 Kebaskanlah debu dari padamu, bangunlah, hai Yerusalem yang tertawan! Tanggalkanlah ikatan-ikatan dari lehermu, hai puteri Sion yang tertawan!

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Sobat Teruna, seringkali saat berkomitmen atau berjanji untuk melakukan yang menyenangkan hati Allah, kita dihadapkan pada resiko tidak disukai atau ditinggalkan oleh teman-teman. Jika kita berkomitmen memanfaatkan waktu dengan mengurangi waktu nge-game atau nge-chat berjamaah, kemungkinan besar akan diolok-olok bahkan ditinggalkan teman-teman. Begitu juga jika kita memilih untuk tidak menyontek saat ulangan, sementara banyak teman menyontek; atau memilih untuk datang ke IHMPT, sementara teman-teman ada acara kelililing-keliling kota. Apakah kita takut tidak punya teman lagi?

 

Bacaan Alkitab kali ini memperlihatkan bagaimana Yesaya memberikan semangat pada kaum Israel buangan yang tersisa saat itu untuk tidak perlu ada yang ditakutkan, jika Allah Juruselamat dan kekuatan umat-Nya menjadi yang utama. Menjadikan Allah sebagai yang utama digambarkan oleh Yesaya seperti pakaian. Pakaian yang harus harus terus dikenakan.

 

Berkomitmen selalu berhadapan dengan konsekuensi atau resiko. Kita bisa belajar dari banyak tokoh Alkitab. Salah satunya adalah Paulus. Komitmen yang diambil setelah mengenal Kristus tentu saja mengakibatkan dia harus terpisah dari kelompoknya bahkan mungkin dibenci. Tetapi apa yang dialami Paulus? Tuhan menyertai dan memakainya dengan luar biasa. Hidup Paulus bersama Tuhan memberikan pengaruh yang besar bagi orang-orang di sekitarnya. Melalui Paulus, makin banyak orang yang mengenal kasih Kristus dan diselamatkan. Paulus juga mendapatkan banyak teman baru yang sangat berbeda dengan teman di komunitas lamanya. Jadi, jika kita beserta dengan Allah, masihkah ada yang ditakutkan? Jangan takut. Mari bertumbuh bersama Allah. Allah sedang memakai kita. Hidup bersama Allah akan memberikan pengaruh positif bagi kita maupun orang-orang di sekitar. Allah pasti terus menjaga hidup kita. Tuhan memberkati!

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, mohon topanglah aku untuk terus memelihara hubungan pribadi dengan-Mu dan yakin bahwa Engkau terus menguatkanku dan memakaiku menjadi berkat bagi orang-orang di sekitarku.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon