TERUS BERPIKIR POSITIF


Mazmur 148 : 1 - 6

1 Haleluya! Pujilah Tuhan di sorga, pujilah Dia di tempat tinggi! 2 Pujilah Dia, hai segala malaikat-Nya, pujilah Dia, hai segala tentara-Nya! 3 Pujilah Dia, hai matahari dan bulan, pujilah Dia, hai segala bintang terang! 4 Pujilah Dia, hai langit yang mengatasi segala langit, hai air yang di atas langit! 5 Baiklah semuanya memuji nama Tuhan, sebab Dia memberi perintah, maka semuanya tercipta. 6 Dia mendirikan semuanya untuk seterusnya dan selamanya, dan memberi ketetapan yang tidak dapat dilanggar.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, endorfin adalah nama kelompok hormon yang ditemukan oleh peneliti dari Inggris dan Amerika Serikat sekitar tahun 1970an. Endorfin diketahui meningkatkan ketahanan seseorang terhadap rasa sakit atau stress. Endorfin juga meningkatkan perasaan nyaman dan bahagia serta sistem kekebalan tubuh dan menghambat penuaan. Endorfin di dalam tubuh dapat ditingkatkan juga oleh olah raga (terutama olahraga bareng-bareng), ngobrol hal-hal yang menyenangkan dengan teman-teman, mendengarkan musik, bernyanyi dan apa pun aktivitas yang menyenangkan.


Bacaan Alkitab kita kali ini menunjukkan bahwa apa pun yang dilihat pemazmur, membuatnya mengucap syukur pada Sang Pencipta. Pada bagian lain kitab Mazmur juga menampakkan pengharapan pemazmur yang selalu positif pada penyertaan Allah bahkan saat dia dalam tekanan. Meski saat pemazmur hidup belum ditemukan endorfin, namun terbukti bahwa berpikir positif akan membuat orang merasa sukacita dan terus bersemangat menghadapi hidup dalam situasi apa pun. Berpikir positif membuat seseorang lebih tahan terhadap tekanan atau stressjuga dapat melihat kebaikan-kebaikan Allah dalam hidup ini.


Apakah orang-orang di sekitar ada yang membuat sobat Teruna kecewa? Apakah keadaan di rumah membuat tertekan? Ataukah sobat Teruna merasa diabaikan? Ayo belajar dari pemazmur. Mari tetap berpegang pada-Nya. Jika Allah mengijinkan kita mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, jangan pernah mengeluh. Teruslah berpikiran positif bahwa itu adalah cara Allah membentuk kita menjadi pribadi yang lebih kuat. Mari melakukan saat teduh setiap hari, merenungkan kebaikan Allah, berkumpul dan bersekutu dengan saudara seiman untuk memuji-Nya. Mari mengambil bagian dalam pelayanan paduan suara, musik atau aktivitas positif yang lainnya, Itu akan membantu kita untuk lebih merasakan sukacita atas penyertaan Allah dalam hidup ini.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, tolong ajarlah aku mengimani bahwa Engkau terus menyertaiku dalam keadaan suka maupun duka, sehingga hatiku dan bibirku penuh ucapan syukur kepada-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon