SEMUANYA HANYA UNTUK MEMULIAKAN TUHAN

 

Matius 2 : 1 - 6

1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: ”Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya: ”Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: 6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.” Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Papa aku mau ikut bimbel”, itulah ucapan Karen seorang teruna yang merasa perlu untuk mendalami pelajaran di sekolah. Tentu ia berharap dengan belajar tambahan di Bimbel (Bimbangan Belajar) dapat semakin membuatnya mengerti pelajaran di sekolah dan memperoleh prestasi belajar dengan nilai terbaik. Di sisi lain, ada pula yang merasa cukup belajar di rumah dengan sungguh-sungguh. Semua pilihan itu sama baiknya, yang penting belajar dengan sungguh-sungguh supaya kita memperoleh pengetahuan terbaik. Lalu setelah kita memperoleh semua itu, untuk siapa?

 

Mari kita belajar dari orang Majus, orang yang terkenal pintar sebagai ahli perbintangan atau ahli cahaya. Tidak hanya itu, mereka pun adalah orang-orang yang kaya raya. Dengan kepandaian, keahlian dan kekayaannya , mereka datang kepada Yesus untuk menyembah dan memuliakan Tuhan Yesus Sang Bayi Natal yang lahir di Betlehem. Sebaliknya, apa yang terjadi dengan Raja Herodes? Ia merasa kedudukan dan jabatannya terancam, sehingga memanggil semua imam kepala, ahli Taurat untuk mendapat informasi tentang Yesus. Ia kemudian membuat rencana jahat guna membunuh Tuhan Yesus. Hidup orang Majus hanya untuk memuliakan Tuhan, sedangkan hidup Raja Herodes hanya untuk memuliakan namanya sendiri dan takut kedudukannya diambil alih.

 

Sobat Teruna, marilah kita bukan hanya belajar yang baik, tetapi belajar yang terbaik. Raihlah prestasi terbaik di sekolah sesuai talenta yang Tuhan berikan. Raihlah cita-cita di masa depan. Namun demikian, mari kita mengingat untuk hidup memuliakan Tuhan tidak hanya jika nanti kita sudah memperoleh cita-cita, melainkan juga mulai saat ini, baik di rumah, di sekolah, di gereja, di mana pun kita berada. Soli Deo Gloria.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus tolong aku belajar hal yang baik dan benar dengan sungguh-sungguh untuk memuliakan Tuhan di manapun.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon