PEMIMPIN PERLU DIDOAKAN

 

Mazmur 72 : 1 - 7

1 Dari Salomo. Ya Allah, berikanlah hukum-Mu kepada raja dan keadilan-Mu kepada putera raja! Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum! Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran! Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin, tetapi meremukkan pemeras-pemeras! Kiranya lanjut umurnya selama ada matahari, dan selama ada bulan, turun-temurun! Kiranya ia seperti hujan yang turun ke atas padang rumput, seperti dirus hujan yang menggenangi bumi! Kiranya keadilan berkembang dalam zamannya dan damai sejahtera berlimpah, sampai tidak ada lagi bulan!

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Sobat Teruna, tanggal 17 April 2019 lalu, Indonesia melaksanakan pemilihan legislatif, pemilihan calon anggota DPRD Tingkat II/I, DPR RI dan anggota DPD. Hal yang lebih seru adalah pemilihan Presiden. Mereka semua adalah para pemimpin negara. Jika Anggota DPR dan DPD adalah pimpinan legislatif yang menjadi mitra pemerintah dalam menyusun anggaran negara dan menetapkan undang-undang, maka Presiden adalah pimpinan eksekutif yang menjadi pelaksana roda pemerintahan di Indonesia ini. Alkitab berkata bahwa pemerintah adalah hamba Allah. Itulah sebabnya kita harus patuh dan tunduk kepadanya (Roma 13:1).

 

Bagi umat Israel dari firman Tuhan yang kita baca saat ini, pemerintah adalah seorang Raja. Raja Israel digambarkan sebagai wakil Allah di dunia ini untuk menciptakan keadilan, kedamaian, kesuburan dan kemakmuran bagi umat Israel. Namun demikian harus diingat, Raja tetaplah seorang manusia biasa yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Raja harus menyadari bahwa dirinya hanyalah alat Tuhan. Agar dapat memerintah dengan baik, seorang Raja harus memiliki kedekatan dan kebergantungan pada Tuhan serta selalu hidup melakukan kehendak-Nya. Karena itu umat Israel pun diminta untuk mendoakan rajanya.

 

Bagaimana dengan sobat Teruna? Mari mulai sekarang kita pun mau berdoa bagi para pemimpin dunia, khususnya Bapak Presiden yang melaksanakan roda pemerintahan agar dalam mengambil keputusan bergantung hanya pada Tuhan. Itulah salah satu peran kita supaya Indonesia menjadi negara yang penuh keadilan, kedamaian, dan kemakmuran sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Di sisi lain, jangan lupa berdoa juga untuk orang tua sebagai pemimpin kita agar di dalam keluarga kita pun tetap ada sukacita dan berkat Tuhan.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, mohon berikanlah berkat dan hikmat bagi para pemimpin bangsa maupun orangtuaku agar mereka selalu sehat dan dapat melaksanakan tugas dengan penuh bakti dan bertanggungjawab kepada-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon