MEMBANGUN RELASI


Lukas 5 : 27 - 28

27 Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: ”Ikutlah Aku!” 28 Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, dalam hidup memang kita harus percaya diri, tapi ingat jangan over PD, merasa diri paling benar. Kalau sudah begitu, orang akan bilang “kamu egois!” Memang kita harus pededan yakin akan suatu kebenaran, tetapi dasarnya adalah iman Kristen. Setelah itu menyusul nilai-nilai moral serta budaya dalam keluarga dan masyarat. Namun demikian, jangan lupa bahwa orang lain juga mempunyai pandangan yang sama tentang dirinya. Akibatnya, kita berbeda pendapat dan berselisih atas nama kebenaran masing-masing. Lalu yang baik bagaimana? Menghargai orang dan membangun relasi adalah suatu langkah baik agar kita dapat memperbaiki hubungan yang telah rusak, saling menghargai dan saling menolong.


Di saat Tuhan Yesus makan bersama dengan orang kafir, ahli Taurat dan orang Farisi mengganggap suatu kesalahan besar, sehingga hidup-Nya bisa tercemar. Cara pandang seperti ini tidak sepenuhnya benar. Dilihat dari budaya dan tradisi saat itu, memang dipandang salah. Jika melihatnya dari iman Kristen, maka tidak ada yang salah. Itulah sebabnya Tuhan Yesus mengajak orang Lewi untuk makan bersama dengan orang kafir. Kesediaan orang Lewi untuk makan bersama, membuat mereka bisa hidup berdampingan. Itu menjadi pintu masuk untuk memberitakan kebenaran dan kasih Tuhan Yesus bagi orang yang belum mengenal-Nya.


Sobat Teruna, kadang ada di antara kita yang hanya mau bergaul dengan orang yang seiman atau hidupnya se-level. Firman Tuhan mengingatkan bahwa kita harus bergaul dengan siapa saja, tetapi tetap harus menjaga iman percaya kepada Yesus untuk tidak goyah. Dengan sikap hidup yang mau bergaul, menghargai dan membangun relasi dengan orang lain, maka kita dapat menjadi berkat dan memuliakan Tuhan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus tolong aku agar dimana pun berada dapat membangun relasi yang baik dan benar dengan orang lain demi kebaikan dan kemuliaan nama-Mu.