PELAYANAN YESUS MEYENTUH BERBAGAI SEGI

 

Lukas 9 : 10 - 13

10 Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia. 11 Akan tetapi orang banyak mengetahuinya, lalu mengikuti Dia. Ia menerima mereka dan berkata-kata kepada mereka tentang Kerajaan Allah dan Ia menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan. 12 Pada waktu hari mulai malam datanglah kedua belas murid-Nya kepada-Nya dan berkata: ”Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka pergi ke desa-desa dan kampung-kampung sekitar ini untuk mencari tempat penginapan dan makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi.” 13 Tetapi Ia berkata kepada mereka: ”Kamu harus memberi mereka makan!” Mereka menjawab: ”Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini.”

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Sobat Teruna, apakah pernah panik menghadapi masalah dan kenyatan hidup yang sulit? Kalau sudah begitu, apa yang terjadi? Galau atau baper sampai gak bisa tidur? Wah jadi rempong khan? Cape deh!

 

Dalam bacaan Alkitab hari ini diceritakan tentang pelayanan Tuhan Yesus yang luar biasa. Tidak hanya pengajaran-Nya yang disukai banyak orang, tetapi juga mujizat-mujizat yang dilakukan-Nya. Hal ini membuat banyak orang ingin terus mengikuti-Nya. Akhirnya, Tuhan Yesus yang berencana untuk beristirahat bersama para murid-Nya ke Betsaida menjadi terusik karena umat tetap merindukan pelayanan-Nya. Walau demikian, Tuhan Yesus tidak bisa membiarkan mereka kelaparan. Mereka harus diberi makan dan minum. Dengan segala keterbatasan bahan makanan, murid-murid merasa ragu dan menyarankan supaya Tuhan Yesus menyuruh saja mereka pergi. Tentu saja, Tuhan Yesus tidak tega. Ia mendoakan dan memberkati makanan yang ada. Setelah itu meminta murid-murid untuk membagikannya. Hasilnya luar biasa! Hanya dengan 5 roti dan 2 ikan, maka tiga ribu orang dapat makan dan minum, belum lagi para istri dan anak-anak yang tidak dihitung bahkan sisa 12 keranjang.

 

Sobat Teruna, kita pun harus terus memberitakan kabar sukacita melalui seluruh totalitas hidup, lewat pikiran, perkataan dan perbuatan. Ingat, tidak boleh berhenti hanya karena merasa tidak mampu dan punya banyak keterbatasan, apalagi minder atau rendah diri. Kita ini “super-super limited edition”, hanya satu di dunia diciptakan Tuhan sempurna. Keren khan! Karena itu hadapilah masalah dan kenyataan hidup yang sulit, jangan dengan kekuatan sendiri tetapi harus dengan kuasa Tuhan Yesus. Dengan demikian pasti ada jalan keluar, karena Tuhan Yesus kita “wow”, dahsyat dan luar biasa!

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku bersyukur Engkau adalah Tuhan yang mengasihiku dan mahakuasa dalam mengatasi segala problema kehidupan. Terpujilah nama-Mu selamanya.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon