TOBAT YA? SORGA SU DEKAT


Matius 3 : 1 - 15

1 Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: 2 ”Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” 3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: ”Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.” 4 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. 5 Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan. 6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan. 7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: ”Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang? 8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan. 9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! 10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.

13 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. 14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: ”Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?” 15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: ”Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanes pun menuruti-Nya.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Apa sih hubungan antara Kerajaan Sorga atau Kerajaan Allah dengan pertobatan? Mungkin itu pertanyaan kita ketika membaca pemberitaan Yohanes Pembaptis ini. Pemberitaan yang mau mengoreksi cara hidup penduduk Yerusalem, khususnya orang Farisi dan Saduki, juga kita yang hidup di saat ini. Inti pemberitaan dan pengajarannya adalah bahwa untuk menerima dan masuk ke dalam Kerajaan Sorga ada syaratnya yaitu bertobat. Kerajaan sorga yang dimaksud bukan hanya keselamatan setelah kematian, tetapi kehidupan yang nyata saat ini, dimana kita memiliki relasi damai dan penuh sukacita dengan Tuhan dan sesama kita. Sesuatu yang terjadi hanya kalau kita memberikan seluas-luasnya kesempatan kepada Tuhan kita Yesus Kristus menguasai hidup kita dan kita sungguh-sungguh hidup menurut keinginan-Nya. Lalu bertobat yang menjadi syaratnya itu adalah perubahan pola pikir dan pola hidup atau cara hidup. Berubah dari hidup yang berpusat pada diri sendiri kepada Kristus dan tentu sesama. Dari cara hidup yang mengasihi diri sendiri kepada cara hidup yang mengasihi Kristus, yang nyata dalam karya kasih kita kepada sesama. Mengapa Kristus? Karena Kristus dalam karya-Nya telah membuat tanda-tanda Kerajaan Sorga itu menjadi nyata. Ia tunduk kepada Bapa dan karena itu Ia masuk ke dalam dunia dan berkarya dan buahnya adalah keselamatan kita.


Sobat Teruna, mari masuk dan menikmati Kerajaan Sorga, artinya kita menerima dan percaya kepada Kristus, percaya pengajaran-Nya dan mempraktekkan cara hidup Kristus dalam hidup kita. Pasti bisa!

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Aku rindu mengalami pertobatan sejati ya Allah. Tolong dan mampukan aku untuk hidup seturut firman-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon