BANGKITLAH, JADILAH TERANG!


Yesaya 60 : 1 - 3

1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu. 2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang Tuhan terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. 3 Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Banyak orang yang takut gelap atau kegelapan. Baik gelap dalam arti yang sesungguhnya maupun dalam arti kehidupan tanpa pengharapan dan tanpa masa depan. Dosa telah membuat manusia tak berdaya dan tak memiliki kepastian hidup masa depan, seperti gambaran Israel yang hidup dalam penghukuman karena meninggalkan Allah. Mereka dikuasai kegelapan kehidupan dan makin tidak berdaya karena ditinggalkan Allah.


Dari perikop Yesaya 60:1-3 ini, kita tahu bahwa Israel patut bersyukur karena kasih setia Allah tetap menyertai mereka. Ia sendiri yang memulihkan hubungan-Nya dengan Israel. Hal itulah yang digambarkan seperti kemuliaan dan terang TUHAN yang dinyatakan kembali kepada Israel umat-Nya itu. Maka dengan demikian Tuhan memulihkan keadaan umat-Nya yang tadinya hidup tanpa pengharapan akan masa depan kini memiliki kembali pengharapan tersebut. Dan bersama Tuhan yang memulihkan umat-Nya, bangsa-bangsa akan melihat kemuliaan Allah dan dapat memperoleh keselamatan di dalam Tuhan.


Sobat Teruna, pengajaran ini penting bagi kita. Hidup yang jauh dari Tuhan bukan saja menghancurkan kehidupan itu sendiri dan masa depan kita. Jauh dari Tuhan juga akan membuat kita gagal menjadi saksi Tuhan di tengah dunia. Namun kita patut bersyukur, sebab di dalam Kristus, kita yang berdosa telah dipulihkan dan diselamatkan. Pemulihan itu bukan hanya menjamin kehidupan kita ada dan bermakna, tetapi bahwa bersama Kristus kita akan membawa orang lain kepada keselamatan itu.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Perlengkapi aku untuk hidup menjadi saksi-Mu ya Allah.