MENJADI DUTA KRISTUS


Wahyu 1 : 9-16

9 Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus. 10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala, 11 katanya: ”Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia.” 12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas. 13 Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas. 14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api. 15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah. 16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, arti kata “duta” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah orang yang diutus oleh pemerintah (raja dan sebagainya) untuk melakukan tugas khusus. Akhir-akhir ini banyak muncul berbagai pemilihan duta. Pemilihan ini muncul dengan alasan untuk menyaring generasi muda, mulai dari mahasiswa, pelajar serta artis sekaligus. Tujuannya tak lain adalah untuk ikut mengampanyekan berbagai hal, yang mereka sandang sebagai duta. Misalnya: seorang duta lingkungan bertugas untuk mengampanyekan cara menjaga lingkungan agar tetap sehat dan lestari. Seorang duta lingkungan tidak dapat merusak lingkungan dalam berbagai bentuk apa pun.


Yohanes pun adalah seorang duta atau utusan Tuhan. Saat itu, Yohanes sedang berada di dalam sebuah penjara di pulau Patmos. Meskipun dari dalam penjara, Yohanes sebagai duta atau utusan Allah tetap harus menyatakan pesan Allah kepada umat-Nya yang saat itu berada di dalam penindasan pemerintah Romawi. Pesan Allah itu isinya ialah bahwa Kristus akan memberi kekuatan kepada umat-Nya yang sedang dalam penderitaan.


Sobat Teruna, kita pun adalah duta Kristus. Seorang duta Kristus harus menjadi terang dalam dunia yang gelap ini. Tetaplah menjadi pembawa pesan Allah melalui sikap dan karakter yang benar sebagai seorang teruna Kristen. Walaupun ada banyak tantangan dan godaan, kita harus tetap teguh dalam berpegang kepada firman Tuhan. Rasul Paulus menyatakan kita adalah surat pujian, bahkan surat Kristus yang terbuka dan dibaca oleh semua orang (2 Korintus 3:2-3). Demikianlah hendaknya kehadiran kita memancarkan pesan firman Tuhan yang menghibur, menguatkan dan membangkitkan pengharapan bagi orang lain dan sesama ciptaan Tuhan. Selamat menjadi duta Kristus kapan pun dan dimana pun.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Kristus, ajarlah aku bertekun dan setia untuk menjadi duta yang memuliakan nama-Mu.