MEMBAHARUI KOMITMEN DAN JANJI

 

2 Raja-Raja 23 : 1-3

1 Sesudah itu raja menyuruh orang mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem. Kemudian pergilah raja ke rumah Tuhan dan bersama-sama dia semua orang Yehuda dan semua penduduk Yerusalem, para imam, para nabi dan seluruh orang awam, dari yang kecil sampai yang besar. Dengan didengar mereka ia membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian yang ditemukan di rumah Tuhan itu. Sesudah itu berdirilah raja dekat tiang dan diadakannyalah perjanjian di hadapan Tuhan untuk hidup dengan mengikuti Tuhan, dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya, peraturan-peraturan-Nya dan ketetapan-ketetapan-Nya dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan untuk menepati perkataan perjanjian yang tertulis dalam kitab itu. Dan seluruh rakyat turut mendukung perjanjian itu.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Steven sudah berjanji kepada orangtuanya bahwa ia tidak lagi bermain game online sampai larut malam. Ia berjanji akan banyak waktu yang digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Suatu saat ketika waktu telah larut malam, ibunya tiba-tiba masuk ke dalam kamar Steven dan menjumpainya sedang bermain game online. Bahkan Steven tidak mendengar ketika ibunya mengetuk pintu karena asyiknya bermain. Orangtua Steven marah dan mengatakan bahwa dia tidak menepati janjinya untuk lebih sering belajar dan serius mengerjakan tugas-tugasnya. Steven menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada orangtuanya. Ia berjanji akan lebih bersungguh-sungguh lagi belajar dan serius mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

 

Raja Yosia bersama dengan orang Yehuda dan seluruh penduduk Yerusalem pergi ke rumah Tuhan. Berdasarkan kitab yang ditemukan di rumah Tuhan, orang Israel menyadari kesalahannya. Umat hendak membaharui perjanjian dengan Tuhan bahwa mereka akan bersungguh-sungguh hidup menuruti serta melaksanakan perintah-perintah dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh Tuhan dengan segenap hati dan jiwa. Raja bersama seluruh rakyatnya bertekad untuk hidup lebih baik lagi di hadapan Tuhan.

 

Sobat Teruna, pernahkah mengingkari janji kepada Tuhan? Misalnya: janji mau sering hadir dalam Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna (IHMPT) atau akan mengurangi main handphone, mau membantu mama mengerjakan tugas-tugas di rumah, tidak berantem lagi sama kakak atau adik. Ternyata, kita tidak melakukan sesuai dengan janji yang dikatakan. Melalui bacaan Alkitab ini, kita diingatkan bahwa Tuhan menginginkan kita hidup dengan memerhatikan aturan-aturan dan perintah-perintah yang sudah ditetapkan-Nya. Ayo sobat Teruna, kita berjanji untuk terus taat dan setia kepada-Nya di dalam hidup sehari-hari.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku mau taat dan setia kepada-Mu. Tolong jaga hatiku, agar aku tak mengingkari janjiku kepada-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon