MELENYAPKAN SUMBER-SUMBER KEJAHATAN


2 Raja-Raja 23 : 15-16

15 Juga mezbah yang ada di Betel, bukit pengorbanan yang dibuat oleh Yerobeam bin Nebat yang mengakibatkan orang Israel berdosa, mezbah dan bukit pengorbanan itu pun dirobohkannya dan batu-batunya dipecahkannya, lalu ditumbuknya halus-halus menjadi abu, dan dibakarnyalah tiang berhala. 16 Dan ketika Yosia berpaling, dilihatnyalah kuburan-kuburan yang ada di gunung di sana, lalu menyuruh orang mengambil tulang-tulang dari kuburan-kuburan itu, membakarnya di atas mezbah dan menajiskannya, sesuai dengan firman Tuhan yang telah diserukan oleh abdi Allah yang telah menyerukan hal-hal ini.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna, menurut kamu kejahatan itu apa? Setiap hal yang bertentangan dengan kehendak Tuhan adalah kejahatan. Misalnya; seks bebas, pembunuhan, menipu, berdusta, menyangkal Kristus dan banyak lagi kejahatan yang timbul dalam hati, pikiran, perkataan dan perbuatan kita. Iblis menggoda kita untuk melakukan kejahatan dan mengabaikan kehendak Tuhan. Siapa saja bisa melakukan kejahatan dan jatuh dalam dosa. Sebagai anak-anak Tuhan, tentunya kita tidak akan diam dan membiarkan diri sendiri jatuh dan terseret dalam dosa. Kita harus berupaya untuk menghindar dan menyingkirkan semua yang dapat membuat jatuh dalam dosa.


Pembacaan Alkitab hari ini masih menceritakan tentang tindakan Raja Yosia yang melakukan pembaruan hidup khususnya peribadahan dalam lingkungan orang Israel. Melihat dan mengetahui bahwa ada banyak tempat dan sarana yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan juga membuat orang Israel jatuh dalam dosa. Raja Yosia menyingkirkan dan melenyapkan semuanya. Ia merobohkan mezbah dan bukit pengorbanan juga membakar tiang berhala dan tulang-tulang orang mati serta menajiskannya. Raja Yosia melakukan semua itu sesuai dengan firman Tuhan yang disampaikan oleh abdi Allah.


Keberanian Raja Yosia dan ketaatannya kepada Tuhan harus menjadi contoh dan teladan bagi kita. Semua hal yang dapat membuat kita berdosa kepada Tuhan haruslah dihindari bahkan dimusnahkan. Iblis bisa menggoda kita di mana saja, kapan pun, melalui segala cara agar terus melakukan dosa. Janganlah kita merasa terlena menikmati perbuatan, sikap atau situasi yang dikuasai oleh dosa. Sobat Teruna, mari melatih diri kita: berbicara, bersikap dan berpikir sesuai dengan kehendak Tuhan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tolong mampukanlah aku ya Tuhan untuk tidak tergoda melanggar perintah-Mu. Namun sebaliknya menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa membuat terjatuh dalam dosa.