PEGANG, PELIHARA DAN LAKUKANLAH AJARAN YANG SEHAT

 

2 Timotius 1 : 12-18

 

12 Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan. 13 Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus Yesus. 14 Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita. 15 Engkau tahu bahwa semua mereka yang di daerah Asia Kecil berpaling dari padaku; termasuk Figelus dan Hermogenes. 16 Tuhan kiranya mengaruniakan rahmat-Nya kepada keluarga Onesiforus yang telah berulang-ulang menyegarkan hatiku. Ia tidak malu menjumpai aku di dalam penjara. 17 Ketika di Roma, ia berusaha mencari aku dan sudah juga menemui aku. 18 Kiranya Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepadanya pada hari-Nya. Betapa banyaknya pelayanan yang ia lakukan di Efesus engkau lebih mengetahuinya dari padaku.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Sobat Teruna, ada tiga nasihat mama papa yang paling diingat dan selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hati-hati, belajar yang benar dan jangan lupa berdoa. Mereka berulang ulang kali memberi peringatan, nasihat dan ajaran-ajarannya. Mama papa pun akan bangga kalau nasihat-nasihat dan pengajarannya tetap diingat dan dilakukan dengan baik. Sama seperti Rasul Paulus sebagai bapak rohani Timotius yang pernah memberikan nasihat, pengajaran dan penguatannya kepada Timotius anak kesayangannya dalam iman. Dalam pembacaan Alkitab hari ini ada tiga hal yang diingatkannya kepadaTimotius. Pertama, “Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat..” Kedua, “...lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus.” Ketiga, “Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.”

 

Sobat Teruna, memang tidak mudah untuk melakukan semua nasihat dengan tekun dan tetap teguh memegangnya serta melakukannya dalam kehidupan dimasa teruna kita. Apalagi memeliharanya sebagai harta yang terindah bagi rohani kita. Ditambah lagi kita menghadapi tantangan dari sesama terunayang mengejek: “Ah sok suci loe, ngapain sibuk-sibuk ikut pelayanan mendingan kita nobar (nonton bareng).” Selain itu kita juga menghadapi tantangan dari dalam diri. Misalnya ketika tertegur oleh firman yang keras, kita langsung tersinggung dan ngambek tidak mau ke gereja lagi; ketika dihimbau untuk terlibat dalam pelayanan, sudah menyiapkan 1001 alasan sebagai jurus menghindar dll. Namun, jika kita sungguh-sungguh berpegang teguh dan memelihara harta yang indah dari kebenaran firman-Nya, maka Tuhan akan menunjukkan rahmat-Nya bagi kita. Jadi pegang, pelihara, dan lakukanlah itu!

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus mohon berilah aku kekuatan untuk tetap memegang semua nasihat orangtua dan terutama dapat memelihara harta yang terindah dari kebenaran firman-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon