MANUSIA BARU: BERJUANG MELAWAN DOSA (I)


Efesus 4 : 17-19

17 Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia 18 dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. 19 Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Apakah arti menjadi manusia baru? Menjadi manusia yang harus hidup sempurna! Mungkin ini yang ada di dalam pikiran teruna, seperti cara berpikir banyak orang. Apakah karena hal itu lalu kita hidup tertekan karena rasanya tidak mungkin?


Namun demikian, jangan dulu berkecil hati. Kita akan belajar tentang firman Tuhan mengenai manusia baru. Dalam suratnya pada jemaat di Efesus, Rasul Paulus memberitahukan kepada mereka bahwa Allah di dalam Yesus Kristus memberikan keselamatan kepada manusia hanya karena anugerah semata. Keselamatan yang diperoleh adalah tanda manusia menjadi milik Kristus yang berarti menjadi manusia baru dan tidak lagi hidup dalam dosa atau maut.


Menjadi “manusia baru” mau menunjukkan cara hidup sebagai anak-anak Allah, baik pikiran, hati dan perbuatan, tidak lagi seperti cara lama yang biasa diakukan. Kita mau hidup sesuai firman Tuhan dan membangun persekutuan dengan Allah serta tidak membiarkan diri diliputi oleh hawa nafsu. Mungkin terasa sulit, tapi Tuhan Yesus menginginkan kita menjadi sempurna (Matius 5:48). Jadi, hal itu mungkin terjadi meskipun ada banyak tantangan dan godaan yang memungkinkan seseorang jatuh dalam dosa lagi jika tidak sungguh-sungguh hidup taat pada bimbingan Roh Kudus. Bedanya, “manusia baru” akan terus berjuang melawan dosa. Dia sangat merasa terganggu dengan dosa yang diperbuat dan senantiasa menyesalinya. Dia selalu mau membaharui perbuatannya sesuai pengajaran Tuhan Yesus.


Sebab itu, kita harus terus melatih diri beribadah dan berjuang melawan hawa nafsu. Kita adadlah sahabat Kristus. Masa depan yang indah ditentukan oleh pilihan kita hari ini. Pilihlah untuk mencintai Tuhan Yesus dan melakukan kehendak-Nya, maka Dia selalu memampukan dan menguatkan kita.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, terimakasih atas anugerah keselamatan-Mu. Tolonglah aku untuk terus hidup sebagai anak-anak-Mu.