ANAK TERANG; MENDENGAR DAN MELAKUKAN


Efesus 5 : 13-16

13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.14 Itulah sebabnya dikatakan: ”Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.” 15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Ketika berada dalam ruangan yang gelap, untuk mencari benda yang hilang akan sulit ditemukan. Bahkan dalam keadaan gelap, kita sulit berjalan. Bagaimana mungkin bisa mendapatkan benda yang hilang, sedangkan untuk berjalan mencarinya kita mengalami kesulitan. Lalu kita berteriak minta tolong dan tiba-tiba seseorang membawakan sebuah senter atau lilin untuk menerangi ruangan itu. Ketika alat penerang itu ada, maka terang menyinari ruangan tersebut, sehingga benda yang hilang tadi dapat terlihat dan ditemukan.


Demikianlah kehidupan kita. Ibaratnya dahulu adalah kegelapan yang membuat susah berjalan dan hilang, sekarang menjadi terang yang mampu berjalan dan terlihat karena Kristus menyelamatkan. Betapa bahagianya hidup dalam terang. Sebab itu, kita harus menjadi terang bagi mereka yang masih dalam kegelapan. Itulah tugas dan tanggung jawab selaku anak Tuhan yang diselamatkan, yakni menjadi anak terang.


Rasul Paulus menasihatkan pada jemaat di Efesus bahwa mereka adalah anak terang karena Kristus.Jadiperilakunya harus menunjukkan anak terang dengan cara: 1) Hidup seperti orang arif, bukan orang bebal. Orang yang arif itumengenal Kristus dan melakukan kehendak-Nya. 2) Mempergunakan waktu yang ada. Hidup adalah sebuah kesempatan yang berharga, maka isilah dengan hal-hal terbaikyakni menjadi alat di tangan kasih Tuhan.


Sobat Teruna, jadilah anak terang untuk menyinari hidup dengan cara mendengar dan taat melakukan kehendak Bapa yaitu menjadi berkat bagi sesama dalam kesempatan yang Tuhan beri. Hari ini adalah Hari Ulang Tahun Gereja Protestan Indonesia ke-414. GPIB adalah bagian dari GPI. Pelkat PT GPIB hendaknya memberi dampak untuk membangun keesaan Gereja dan semangat mewartakan Injil Krsitus melalui karya-karya yang membangkitkan pengharapan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan aku memohon buatlah cahaya firman-Mu terus memancar melalui kehidupanku, supaya kehadiranku dapat memberikan pengharapan bagi mereka yang dalam kegelapan.