BERANI KATAKAN ‘TIDAK’!


Lukas 4 : 1-8

1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. 2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar. 3 Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: ”Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.” 4 Jawab Yesus kepadanya: ”Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja.” 5 Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia. 6 Kata Iblis kepada-Nya: ”Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. 7 Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.” 8 Tetapi Yesus berkata kepadanya: ”Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Pernahkah mendengar ada sebuah tes yang dilakukan untuk sekumpulan anak-anak? Beberapa anak dimasukkan ke dalam sebuah ruangan. Setiap anak mendapatkan sepotong kue yang enak dan terlihat menggiurkan. Anak-anak tersebut diminta untuk tidak memakannya. Mereka ditinggalkan di dalam ruangan selama 15 menit. Dikatakan bahwa barangsiapa yang tidak memakan kue tersebut akan mendapatkan makanan yang mereka minta dalam jumlah yang lebih banyak. Apa yang terjadi? Melalui sebuah TV di ruangan sebelahnya terlihat beberapa anak mulai gelisah. Mencungkil sedikit demi sedikit dan mencicipi kue tersebut. Ketika sudah waktunya, pintu dibuka. Terlihat ada yang kuenya sudah habis, ada yang masih setengah, namun ada yang masih utuh. Ketika ditanyakan kenapa dia tidak memakan kue tersebut, anak ini mengatakan bahwa dia menginginkan kue dalam jumlah banyak sesuai janji yang disebutkan di awal. Oleh karena itu dia menahan diri. Hasilnya adalah anak tersebut mendapatkan hadiahnya, kue dalam jumlah yang lebih banyak. Dia pun bersukacita.


Sobat Teruna, cerita di atas memang tidak bisa disandingkan dengan pencobaan yang dialami oleh Yesus di padang gurun sesuai bacaan kita hari ini. Keduanya merupakan bentuk pencobaan yang berbeda. Namun, sobat Teruna bisa belajar mengendalikan diri untuk melihat hal yang lebih baik di depan. Yesus adalah Sang Pemilik Semesta. Dia mampu melakukan apa saja sesuai perintah si Iblis. Namun, Dia menahan diri-Nya untuk tidak tunduk kepada si Iblis. Yesus di dalam kuasa-Nya malah memerintahkan kepada si Iblis untuk berbakti dan menyembah hanya kepada Tuhan Allah saja.


Sobat Teruna, mari menahan diri dan tidak tunduk pada tawaran yang tampak menggiurkan serta nantikan hasilnya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah, mampukan aku mengatakan TIDAK untuk setiap tawaran yang menyesatkan. Beri kekuatan dan keberanian kepadaku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon