top of page

FOKUSMU ADALAH PRIORITAS HIDUPMU


 

2 Tawarikh 2 : 1-10

1 Salomo memerintahkan untuk mendirikan suatu rumah bagi nama Tuhan dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri. 2 Dan Salomo mengerahkan tujuh puluh ribu kuli, delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus mandur untuk mengawasi mereka itu. 3 Lalu Salomo mengutus orang kepada Huram, raja negeri Tirus, dengan pesan: ”Perbuatlah terhadap aku seperti yang kauperbuat terhadap ayahku Daud, ketika engkau mengirim kayu aras kepadanya, sehingga ia dapat mendirikan baginya suatu istana untuk tinggal di situ. 4 Ketahuilah, aku hendak mendirikan sebuah rumah bagi nama Tuhan, Allahku, untuk menguduskannya bagi Dia, supaya di hadapan-Nya dibakar ukupan dari wangi-wangian, tetap diatur roti sajian dan dipersembahkan korban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang, pada hari-hari Sabat dan bulan-bulan baru, dan pada perayaan-perayaan yang ditetapkan Tuhan, Allah kami, sebab semuanya itu adalah kewajiban orang Israel untuk selama-lamanya. 5 Dan rumah yang hendak kudirikan itu harus besar, sebab Allah kami lebih besar dari segala allah. 6 Tetapi siapa yang mampu mendirikan suatu rumah bagi Dia, sedangkan langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit pun tidak dapat memuat Dia? Dan siapakah aku ini, sehingga aku hendak mendirikan suatu rumah bagi Dia, kecuali sebagai tempat untuk membakar korban di hadapan-Nya? 7 Maka sekarang, kirimlah kepadaku seorang yang ahli mengerjakan emas, perak, tembaga, besi, kain ungu muda, kain kirmizi, kain ungu tua, dan yang juga pandai membuat ukiran, untuk membantu para ahli yang ada padaku di Yehuda dan di Yerusalem, yang telah ditunjuk ayahku Daud. 8 Kirim juga kepadaku kayu aras, sanobar dan cendana dari gunung Libanon, sebab aku tahu, bahwa hamba-hambamu pandai menebang pohon dari Libanon. Dalam pada itu hamba-hambaku akan membantu hamba-hambamu 9 untuk menyediakan bagiku sejumlah besar kayu, sebab rumah yang hendak kudirikan itu harus besar dan mentakjubkan. 10 Dan untuk tukang-tukang yang menebang pohon kuberikan gandum dua puluh ribu kor, jelai dua puluh ribu kor, anggur dua puluh ribu bat dan minyak dua puluh ribu bat, sebagai bahan makanan bagi hamba-hambamu itu.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Salomo, Raja Israel sedang fokus membangun dua gedung yang sangat megah; bait Allah dan istana raja. Bait Allah itu untuk kepentingan bangsa karena menjadi tempat beribadah umat Israel. Sementara istana adalah bangunan untuk kepentingan raja. Selama ini bangsa Israel beribadah di kemah suci atau kemah pertemuan. Bait Allah begitu dirindukan oleh Daud berdiri di kota Yerusalem. Namun, Allah tidak mengizinkan Daud yang membangunnya. Karena itu dengan segala upaya, Salomo bertekad mendirikannya. Ratusan ribu tenaga kerja dikerahkan. Material-material bangunan berkualitas dipakai. Salomo sadar perlu bekerjasama dengan orang lain agar pembangunan bait Allah cepat selesai. Raja Huram dihubunginya. Dengan memberikan yang terbaik bagi bait Allah, sesungguhnya Salomo sedang mengagungkan nama Tuhan melalui kehadiran bait Allah tersebut.


Fokus terhadap apa yang ingin dicapai sudah merupakan keharusan dalam hidup ini. Sebab dengan fokus, segala upaya untuk mencapai sesuatu itu tidak hanya dipikirkan terus-menerus, tetapi juga dilaksanakan dengan cermat. Apakah sobat Teruna juga mempunyai fokus terhadap cita-cita yang hendak dicapai? Pada titik ini hendaknya sejak dini kita menyadari agar mempersiapkan diri dengan serius. Misalnya dengan menjaga kesehatan, memilih sekolah dan jurusan yang mendukung cita-cita serta rajin belajar. Seperti Salomo, kita pun perlu fokus mencapai cita-cita dengan mengubah gaya hidup santai menjadi kerja keras dan kerja cerdas. Kita dapat meminta orang lain membantu untuk mempersiapkan masa depan itu, yaitu mereka yang mempunyai cukup pengalaman dan pengetahuan. Marilah kita siuman dari arus zaman dan memakai waktu yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya. Tuhan pasti menolong orang yang merancang kebaikan hidupnya di masa depan untuk kemuliaan-Nya.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong aku dapat fokus terhadap apa yang Engkau rancangkan untuk kehidupan masa depanku bagi kemuliaan Nama-Mu.

 

bottom of page