top of page

PAKAI SARANA UNTUK MEMULIAKAN TUHAN


 

2 Tawarikh 7 : 11-22

11 Demikianlah Salomo menyelesaikan rumah Tuhan dan istana raja, dan berhasil melaksanakan dalam rumah Tuhan dan dalam istananya segala sesuatu yang timbul dalam hatinya.12 Kemudian Tuhan menampakkan diri kepada Salomo pada malam hari dan berfirman kepadanya: ”Telah Kudengar doamu dan telah Kupilih tempat ini bagi-Ku sebagai rumah persembahan. 13 Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku, 14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. 15 Sekarang mata-Ku terbuka dan telinga-Ku menaruh perhatian kepada doa dari tempat ini. 16 Sekarang telah Kupilih dan Kukuduskan rumah ini, supaya nama-Ku tinggal di situ untuk selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa. 17 Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, 18 maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu sesuai dengan perjanjian yang telah Kuikat dengan Daud, ayahmu, dengan berkata: Takkan terputus keturunanmu yang memerintah atas Israel. 19 Tetapi jika kamu ini berbalik dan meninggalkan segala ketetapan dan perintah-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya, 20 maka Aku akan mencabut kamu dari tanah-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan rumah ini yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku, akan Kubuang dari hadapan-Ku, dan akan Kujadikan kiasan dan sindiran di antara segala bangsa. 21 Dan setiap orang yang lewat rumah yang amat ditinggikan ini, akan tertegun dan berkata: Apakah sebabnya Tuhan berbuat yang demikian kepada negeri ini dan kepada rumah ini? 22 Maka orang akan berkata: Sebab mereka meninggalkan Tuhan, Allah nenek moyang mereka, yang membawa mereka keluar dari tanah Mesir, dan sebab mereka berpegang pada allah lain dan sujud menyembah kepadanya dan beribadah kepadanya. Itulah sebabnya Ia mendatangkan segala malapetaka ini ke atas mereka.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Idealnya sarana atau fasilitas yang diberikan kepada seseorang akan membuat kinerjanya semakin baik dan meningkat. Di sini kemauan dan kemampuan orang memakai sarana dan fasilitas sebagai alat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik sangat penting diperhatikan. Maksudnya agar sarana dan fasilitas itu terpelihara dan berfungsi sesuai dengan keberadaan sarana tersebut.


Fokus Raja Salomo untuk membangun bait Allah dan istana raja telah selesai dan berakhir dengan baik. Allah menyatakan perkenanan-Nya atas hal tersebut (ay 11-12, 15-16). Allah mengingatkan Raja Salomo dan bangsa Israel bahwa Dia tidak suka terhadap kejahatan dan pemberontakan kepada-Nya. Bait Allah yang megah itu bukanlah jaminan bahwa Allah tidak akan menghukum raja dan umat Israel, bahkan menghancurkan tempat itu jika mereka tidak setia (ay 20-22). Bait suci itu adalah sarana berkumpul untuk menyembah serta membina ketaatan dan kesetiaan kepada Allah, bukan jaminan atau tanda ketaatan dan kesetiaan umat.


Sobat Teruna, sarana-sarana yang diperoleh dalam hidup ini bukanlah sesuatu yang dapat diandalkan untuk menjadikan diri kita sebagai seseorang yang berbakti kepada orangtua, mengasihi sesama dan Allah. Sarana-sarana itu juga bukan yang menentukan dan membuat kita menjadi manusia yang berarti atau berguna bagi orang lain. Yang paling penting dalam kehidupan ini adalah bagaimana memakai hati dan pikiran kita untuk selalu taat dan setia kepada Allah dengan melaksanakan ketetapan-Nya dan perintah-Nya (ay 17). Mari sobat Teruna GPIB, jangan jadikan sarana atau fasilitas sebagai jati diri bahwa kita adalah orang hebat. Sebaliknya, kendalikan hati dan pikiran untuk memakai sarana yang ada pada kita dalam meningkatkan ketaatan dan kesetiaan kepada Allah.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Bapa, tolong aku dapat memakai sarana yang ada untuk melakukan ketetapan dan perintah-Mu dalam bimbingan Roh Kudus.

 

bottom of page