ALLAH MENGHENDAKI KETERATURAN

 

Bilangan 2 : 1-17

 

1 Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: 2 ”Orang Israel harus berkemah masing-masing dekat panji-panjinya, menurut lambang suku-sukunya. Mereka harus berkemah di sekeliling Kemah Pertemuan, agak jauh dari padanya. 3 Yang berkemah di sebelah timur dekat panji-panjinya, ialah laskar Yehuda, menurut pasukan-pasukan mereka. Pemimpin bani Yehuda ialah Nahason bin Aminadab. 4 Pasukannya terdiri dari tujuh puluh empat ribu enam ratus orang yang dicatat. 5 Yang berkemah di dekatnya ialah suku Isakhar. Pemimpin bani Isakhar ialah Netaneel bin Zuar. 6 Pasukannya terdiri dari lima puluh empat ribu empat ratus orang yang dicatat. 7 Kemudian suku Zebulon. Pemimpin bani Zebulon ialah Eliab bin Helon. 8 Pasukannya terdiri dari lima puluh tujuh ribu empat ratus orang yang dicatat. 9 Jumlah orang yang dicatat dalam laskar Yehuda menurut pasukan-pasukan mereka ada seratus delapan puluh enam ribu empat ratus orang. Merekalah yang terdahulu berangkat. 10 Panji-panji laskar Ruben adalah di sebelah selatan, menurut pasukan-pasukan mereka. Pemimpin bani Ruben ialah Elizur bin Syedeur. 11 Pasukannya terdiri dari empat puluh enam ribu lima ratus orang yang dicatat. 12 Yang berkemah di dekatnya ialah suku Simeon. Pemimpin bani Simeon ialah Selumiel bin Zurisyadai. 13 Pasukannya terdiri dari lima puluh sembilan ribu tiga ratus orang yang dicatat. 14 Kemudian suku Gad. Pemimpin bani Gad ialah Elyasaf bin Rehuel. 15 Pasukannya terdiri dari empat puluh lima ribu enam ratus lima puluh orang yang dicatat. 16 Jumlah orang yang dicatat dalam laskar Ruben menurut pasukan-pasukan mereka ada seratus lima puluh satu ribu empat ratus lima puluh orang. Merekalah yang nomor dua berangkat. 17 Sesudah itu berangkatlah Kemah Pertemuan dengan laskar orang Lewi, di tengah-tengah laskar yang lain itu. Sama seperti mereka berkemah, demikianlah juga mereka berangkat, masing-masing di tempatnya menurut panji-panji mereka.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Dalam bacaan hari ini, Allah memerintahkan Musa untuk mengatur, menata dan membagi laskar Israel sesuai dengan kemahnya masing-masing. Pengaturan itu dilakukan sesuai dengan arah mata angin (Utara, Selatan, Timur dan Barat). Pembagian yang dibuat Musa adalah atas perintah Allah. Hal ini memperlihatkan bahwa Allah memberi tanggungjawab untuk memikul kewajiban dari-Nya. Selain itu, Allah juga sedang memantapkan kesiapan umat Israel untuk berperang. Adapun jumlah pasukan yang dicatat oleh Musa adalah 603.550 orang (Bilangan 2:32), dengan catatan suku Lewi tidak dihitung.

 

Sobat Teruna, Tuhan mempunyai kuasa untuk menata dan mengatur hidup manusia, khususnya masa remaja kita. Sejak awal penciptaan, Allah mengatur dengan baik dari yang tidak ada menjadi ada. Pengaturan itu pun hingga saat ini masih kita alami. Misalnya matahari terbit di Timur dan terbenam di Barat. Pada siang hari matahari menjadi benda penerang dan ketika malam Allah memakai bulan dan bintang. Kita pun tidak luput dari pengaturan Allah. Saat Allah mengatur kita, Dia memberikan perintah melalui firman-Nya. Kita harus belajar kebenaran firman Allah yang menuntun arah langkah, perilaku, tutur kata sebagai umat-Nya maupun remaja Kristen (Mazmur 119:9 dan Amsal 22:6). Remaja Kristen yang takut pada Allah akan selalu hidup dalam keteraturan dan kesopanan serta hormat kepada siapa pun. Contoh kehidupan remaja yang hidup dalam keteraturan adalah tidak merokok, bukan pemakai narkoba, tidak suka berbohong. Jika hal-hal tersebut dilakukan, maka kita sudah menyimpang dari keteraturan yang Allah kehendaki. Ayo sobat Teruna, kita segera sadar dan berubah. Mari kembali kepada rancangan Allah, sehingga kita dapat menjadi berkat bagi sesama.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah Bapa, mohon berikanlah hikmat-Mu yang menuntun aku hidup dalam keteraturan yang baik seperti yang Engkau kehendaki.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon