PELAYAN TUHAN YANG MEMBERIKAN TELADAN

 

Bilangan 3 : 1-20

 

1 Inilah keturunan Harun dan Musa pada waktu Tuhan berfirman kepada Musa di gunung Sinai. 2 Nama anak-anak Harun, ialah: yang sulung Nadab, kemudian Abihu, Eleazar dan Itamar. 3 Itulah nama anak-anak Harun, imam-imam yang diurapi, yang telah ditahbiskan untuk memegang jabatan imam. 4 Tetapi Nadab dan Abihu sudah mati di hadapan Tuhan di padang gurun Sinai, ketika mereka mempersembahkan api yang asing ke hadapan Tuhan. Mereka tidak mempunyai anak. Jadi ketika Harun, ayah mereka, masih hidup, yang memegang jabatan imam ialah Eleazar dan Itamar. 5 Tuhan berfirman kepada Musa: 6 ”Suruhlah suku Lewi mendekat dan menghadap imam Harun, supaya mereka melayani dia. 7 Mereka harus mengerjakan tugas-tugas bagi Harun dan bagi segenap umat Israel di depan Kemah Pertemuan dan dengan demikian melakukan pekerjaan jabatannya pada Kemah Suci. 8 Mereka harus memelihara segala perabotan Kemah Pertemuan, dan mengerjakan tugas-tugas bagi orang Israel dan dengan demikian melakukan pekerjaan jabatannya pada Kemah Suci. 9 Orang Lewi harus kauserahkan kepada Harun dan anak-anaknya; dari antara orang Israel haruslah orang-orang itu diserahkan kepadanya dengan sepenuhnya. 10 Tetapi Harun dan anak-anaknya haruslah kautugaskan untuk memegang jabatannya sebagai imam, sedang orang awam yang mendekat harus dihukum mati.” 11 Tuhan berfirman kepada Musa: 12 ”Sesungguhnya, Aku mengambil orang Lewi dari antara orang Israel ganti semua anak sulung mereka, yang terdahulu lahir dari kandungan, supaya orang Lewi menjadi kepunyaan-Ku, 13 sebab Akulah yang punya semua anak sulung. Pada waktu Aku membunuh semua anak sulung di tanah Mesir, maka Aku menguduskan bagi-Ku semua anak sulung yang ada pada orang Israel, baik dari manusia maupun dari hewan; semuanya itu kepunyaan-Ku; Akulah Tuhan.” 14 Tuhan berfirman kepada Musa di padang gurun Sinai: 15 ”Catatlah bani Lewi menurut puak-puak dan kaum-kaum mereka; semua laki-laki yang berumur satu bulan ke atas harus kaucatat.” 16 Lalu Musa mencatat mereka sesuai dengan titah Tuhan, seperti yang diperintahkan kepadanya. 17 Inilah anak-anak Lewi dengan nama mereka: Gerson, Kehat dan Merari. 18 Inilah nama anak-anak Gerson dan kaum-kaum mereka: Libni dan Simei. 19 Anak-anak Kehat dan kaum-kaum mereka ialah Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel. 20 Anak-anak Merari dan kaum-kaum mereka ialah Mahli dan Musi.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Pada pasal 3, Allah memerintahkan Musa menghitung jumlah suku Lewi. Siapakah suku Lewi itu? Mereka adalah suku Israel yang dikhususkan menjadi imam dan melayani peribadahan. Tugas suku Lewi tidak dapat digantikan dengan suku yang lain. Sekalipun mereka imam, Allah tetap memberikan peraturan yang harus ditaati oleh suku Lewi. Bahkan setiap anak sulung dikhususkan menjadi pelayan Allah (ayat 9,10, 13), yaitu melayani Tuhan dan imam Harun beserta keluarganya. Kehidupan mereka menjadi teladan bagi yang lain. Itulah sebabnya mereka harus menjaga kekudusan diri dan hidup berkenan kepada Allah.

 

Sobat Teruna, walaupun bukan imam, kita adalah pelayan-pelayan Tuhan. Allah memberikan karunia untuk kita melayani-Nya. Misalnya karunia bermain musik atau menyanyi bagi-Nya. Di rumah, kita adalah pelayan-pelayan Tuhan yang harus mendengar dengan baik setiap perkataan orangtua dan hidup damai dengan kakak adik. Kita juga berusaha menjadi teladan untuk sesama. Tentang menjadi teladan, Paulus menasehati Timotius dalam 1 Tim 4:12, “Janganlah seorang pun menganggap engkau muda, jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” Teruna adalah penerus pelayanan di gereja dan masa depan. Teruna terpanggil untuk terlibat dalam pelayanan di gereja dan masyarakat. Teruna harus menjaga dirinya dari pergaulan muda mudi yang rusak. Pergaulan yang salah dan keliru akan memengaruhi kita dan memudarkan pemahaman sebagai saksi Kristus. Mari perhatikan 1 Kor. 13:33 yang mengatakan bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Jadi jangan pernah kita terpengaruh dengan hal-hal negatif yang ada di sekitar kita. Mari memakai masa remaja kita untuk setia melayani Tuhan.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, tolong mampukan aku untuk dapat menjadi pelayan-Mu yang setia.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon