ALLAH TIDAK MEMBUAT PEMBEDAAN

 

Bilangan 27 : 1-11

                              

1 Kemudian mendekatlah anak-anak perempuan Zelafehad bin Hefer bin Gilead bin Makhir bin Manasye dari kaum Manasye bin Yusuf – nama anak-anaknya itu adalah: Mahla, Noa, Hogla, Milka dan Tirza – 2 dan berdiri di depan Musa dan imam Eleazar, dan di depan para pemimpin dan segenap umat itu dekat pintu Kemah Pertemuan, serta berkata: 3 ”Ayah kami telah mati di padang gurun, walaupun ia tidak termasuk ke dalam kumpulan yang bersepakat melawan Tuhan, ke dalam kumpulan Korah, tetapi ia telah mati karena dosanya sendiri, dan ia tidak mempunyai anak laki-laki. 4 Mengapa nama ayah kami harus hapus dari tengah-tengah kaumnya, oleh karena ia tidak mempunyai anak laki-laki? Berilah kami tanah milik di antara saudara-saudara ayah kami.” 5 Lalu Musa menyampaikan perkara mereka itu ke hadapan Tuhan. 6 Maka berfirmanlah Tuhan kepada Musa: 7 ”Perkataan anak-anak perempuan Zelafehad itu benar; memang engkau harus memberikan tanah milik pusaka kepadanya di tengah-tengah saudara-saudara ayahnya; engkau harus memindahkan kepadanya hak atas milik pusaka ayahnya. 8 Dan kepada orang Israel engkau harus berkata: Apabila seseorang mati dengan tidak mempunyai anak laki-laki, maka haruslah kamu memindahkan hak atas milik pusakanya kepada anaknya yang perempuan. 9 Apabila ia tidak mempunyai anak perempuan, maka haruslah kamu memberikan milik pusakanya itu kepada saudara-saudaranya yang laki-laki. 10 Dan apabila ia tidak mempunyai saudara-saudara lelaki, maka haruslah kamu memberikan milik pusakanya itu kepada saudara-saudara lelaki ayahnya. 11 Dan apabila ayahnya tidak mempunyai saudara-saudara lelaki, maka haruslah kamu memberikan milik pusakanya itu kepada kerabatnya yang terdekat dari antara kaumnya, supaya dimilikinya.” Itulah yang harus menjadi ketetapan hukum bagi orang Israel, seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Seringkali orang membedakan keberadaan perempuan dan laki-laki. Hal ini juga nampak dalam kehidupan bergereja dan rumah tangga Kristen. Status perempuan direndahkan dan laki-laki ditinggikan. Contohnya ada dalam bacaan firman Allah saat ini. Perempuan tidak mendapatkan keadilan dalam hal warisan orangtua. Orang Israel lebih menghormati status laki-laki dalam hal pemberian warisan. Itulah sebabnya Allah membuat aturan yang menata dan mengatur pembagian harta warisan dengan adil dalam keluarga. Bilangan 27 memperlihatkan kehidupan anak-anak perempuan Zelafehad. Taurat mengatur hak pewaris yang tidak boleh keluar dari masing-masing kaum dan suku Israel. Jika ada keluarga tidak mempunyai anak laki-laki, Taurat mengatur agar anak-anak perempuan tidak dapat menerima warisan ayahnya. Namun demikian, Allah mengatur bahwa anak perempuan juga mendapatkan harta warisan ayahnya (Yosua 17:3-6). Dalam perikop ini, Allah membuat peraturan baru bahwa tidak ada seorang pun yang dapat menghapus hak seseorang. Itu pelajaran pertama. Kedua, bahwa perempuan dipakai oleh Allah untuk menjadi alat pelayanan-Nya, baik di dalam keluarga, masyarakat maupun gereja. Bahkan perempuan mempunyai posisi yang strategis dalam keluarga dan persekutuan. Misalnya, apa jadinya jika tidak ada ibu? Allah juga memakai Maria untuk melahirkan Yesus. Perempuan-perempuan dipakai Allah untuk kelangsungan hidup sebuah bangsa. Misalnya Ester dan Rahab yang dipakai Allah untuk menjalankan rencana-Nya.

 

Jadi, sobat Teruna, baik perempuan maupun laki-laki diciptakan Allah untuk saling melengkapi dan menyempurnakan. Tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah. Keduanya sama berharga di mata Allah. Laki-laki dan perempuan adalah Gambar Allah (Imago Dei). Marilah bersikap baik dan benar terhadap sesama kita, baik laki-laki maupun perempuan.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah yang Mahabaik tolong bantulah aku dalam belajar menghargai siapa pun yang dipakai untuk melayani-Mu.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon