ORANG BENAR MENDERITA?


Habakuk 2 : 1-5

1 Aku mau berdiri di tempat pengintaianku dan berdiri tegak di menara, aku mau meninjau dan menantikan apa yang akan difirmankan-Nya kepadaku, dan apa yang akan dijawab-Nya atas pengaduanku. 2 Lalu Tuhan menjawab aku, demikian: ”Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya. 3 Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh. 4 Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya. 5 Orang sombong dan khianat dia yang melagak, tetapi ia tidak akan tetap ada; ia mengangakan mulutnya seperti dunia orang mati dan tidak kenyang-kenyang seperti maut, sehingga segala suku bangsa dikumpulkannya dan segala bangsa dihimpunkannya.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna, bagaimana rasanya ketika ulangan, kita sudah belajar mati-matian ternyata nilai yang diperoleh sama atau bahkan lebih rendah dari mereka yang tidak belajar dan menyontek? Sakit hati? Putus asa? Bahkan membuat komitmen tidak mau belajar lagi? Jangan gampang menyerah, sobat!


Ya, jangan gampang menyerah. Orang yang benar akan hidup oleh karena percayanya, begitulah firman Tuhan yang kita baca hari ini. Allah meminta kita untuk tidak ikut dalam barisan penipu, menyombongkan diri dan berkhianat. Allah meminta untuk menuliskan setiap proses yang kita lalui di dalam menantikan jawaban-Nya, sehingga kelak itu menjadi catatan penting bagi generasi berikutnya.


Sobat Teruna, setiap proses yang dilewati adalah cara Tuhan membentuk kita. Orang hanya melihat gemuruh tepuk tangan untuk Jonathan Christie ketika dia memenangkan medali emas nomor perseorangan dalam cabang olah raga bulu tangkis Asian Games 2018. Mereka tidak tahu berapa banyak waktu Jonathan Christie yang terpakai untuk selalu berlatih dan berlatih. Ketika remaja lain menikmati tidur siangnya, Jonathan Christie berada di pelatnas untuk berlatih. Begitu pun kita sobat. Kalau mau tampil sebagai pemenang, jangan ambil jalan pintas seperti berbuat curang, menyontek, menyikut teman, dan lain-lain. Mari kita terus berproses sambil tetap melakukan apa yang benar di mata Tuhan. Di dalam proses tersebut mungkin kita akan terjatuh, terpuruk, dikucilkan, diejek sok suci dan lain-lain. Biarlah semuanya disampaikan kepada Allah yang mengasihi kita, karena firman-Nya hari ini sangat menghibur hati. Ya, orang benar akan tampil sebagai pemenang dan hidup oleh karena percayanya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah, mampukan aku untuk terus hidup di dalam kebenaran sambil terus berproses menantikan jawaban-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon