JANGAN MENGHAKIMI!


Lukas 6 : 37 - 38

37 ”Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. 38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna, tahu kan Agnes Mo? Ia adalah salah satu artis terkenal di Indonesia yang memiliki talenta luar biasa. Dalam video yang diunggahnya pada Desember 2019 lalu, dengan mengacu pada ayat Alkitab, Agnes Mo mengatakan, “Tempat kita di dunia ini bukan untuk menghakimi orang lain karena itu bagian Tuhan. Bagian kita adalah untuk menginspirasi, mengasihi, mengampuni, tidak membicarakan orang lain, fokus untuk meningkatkan kemampuan diri untuk melakukan yang terbaik.”


Ayat Alkitab yang menjadi acuan Agnes Mo dalam video tersebut adalah pengajaran Yesus dalam perikop hari ini yang menjelaskan tentang hal menghakimi. Yesus mengajarkan bahwa kita tidak boleh menghakimi orang lain. Sebab ukuran untuk menghakimi orang lain akan dipakai untuk melakukan hal yang sama kepada kita. Yesus menginginkan hidup yang saling mengampuni sama seperti Bapa yang mengasihi dan telah mengampuni dosa-dosa kita. Hal tentang tidak menghakimi orang lain, saling mengasihi dan mengampuni bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi bila orang tersebut sangat melukai hati kita. Kita cenderung lebih mudah menghakimi orang lain dan menganggap diri yang paling benar. Namun demikian, firman Tuhan hari ini mengajarkan kita untuk tidak menghakimi. Bunda Teresa berkata, “Jika hidupmu hanya untuk menghakimi orang lain, maka kamu tidak memiliki waktu untuk mengasihi mereka.”


Jadi biarlah semua yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, disebut kebajikan, dan patut dipuji, itu yang ada di hati dan pikiran kita (Filipi 4:8). Jangan menyimpan iri dan dengki, yang memicu kita untuk selalu mau menghakimi. Mari melakukan kehendak Tuhan dengan taat, supaya hidup kita diberkati Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolong bimbinglah aku untuk tidak menghakimi sesama dan dapat hidup saling memaafkan seperti yang Engkau firmankan pada hari ini.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon