DIGERAKKAN OLEH IMAN DAN CINTA KASIH KRISTUS


Lukas 7 : 1 - 3

1 Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah Ia ke Kapernaum. 2 Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati. 3 Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Bunda Teresa mengatakan: “Cinta yang tidak mementingkan diri sendiri akan menggerakan hati dan perbuatan manusia.” Kalimat ini menggambarkan tentang orang yang hidup tidak hanya memikirkan atau mementingkan diri sendiri namun mengasihi sesama, siapa pun dia tanpa memandang perbedaan. Gambaran ini nampak dalam diri seorang perwira yang ada di Kapernaum. Ia memiliki seorang hamba. Ia sangat mengasihi dan menghargai hambanya. Pada saat itu, hambanya tersebut sedang sakit keras dan hampir meninggal. Di tengah kondisi tersebut, sang perwira mendengar berita tentang Yesus. Ia percaya bahwa Yesus sanggup menyembuhkan hambanya itu. Lalu ia menyuruh tua-tua Yahudi untuk meminta Yesus datang dan menyembuhkan hambanya itu. Rasa cinta kasih dalam diri sang perwira menggerakan hatinya untuk menolong hambanya itu. Iman percayanya pada kuasa Yesus yang sanggup menyembuhkan telah membuat hambanya itu akhirnya pulih (ayat 10).


Sobat Teruna, pada zaman sekarang sudah jarang orang mau menolong sesamanya atas dasar kasih. Biasanya orang menolong karena ada upah atau timbal balik yang diterima. Apalagi kalau yang sakit adalah seorang bawahan. Biasanya malah ditegur karena tidak menjaga kesehatan dengan baik dan dianggap merugikan perusahaan. Perwira tersebut dapat menjadi contoh bahwa tindakan yang digerakkan oleh cinta kasih dan iman dapat menyelamatkan sesama serta membuat diri kita dan orang yang ditolong mengalami kuasa kasih Kristus. Karena itu terlebih dahulu milikilah cinta kasih kepada sesama dan iman yang teguh pada kuasa Yesus. Sesuatu yang luar biasa terjadi atas hidup kita dan sesama yang ditolong karena kuasa Yesus sanggup memulihkan dan mengubah hidup siapapun!” Dengan demikian semua pihak mengalami damai sejahtera-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolong aku untuk tetap beriman teguh kepada-Mu dan mau menolong sesamaku yang menderita dengan memperkenalkan cinta kasih dan kuasa-Mu melalui perkataan dan tindakan yang tulus.