TUHAN MENGUTUS KITA


Keluaran 3 : 7 - 12

7 Dan Tuhan berfirman: ”Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. 8 Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus. 9 Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka. 10 Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.” 11 Tetapi Musa berkata kepada Allah: ”Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?” 12 Lalu firman-Nya: ”Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia




Perikop bacaan ini merupakan bagian dari kisah Musa diutus Allah. Pada waktu itu Musa sedang bekerja menggembalakan kambing-domba Yitro, mertuanya. Musa melihat ada api dalam semak duri. Walau demikian semak duri itu tidak terbakar. Hal ini membuat Musa menjadi bertanya-tanya dan ingin melihat apa yang terjadi dengan api tersebut. Ketika Musa mendekati api tersebut, tiba-tiba ada suara Allah yang memanggil namanya. Allahmengatakan agar Musa melepas kasut/alas kakinya karena Dia ada di hadapan-Nya. Musa menjadi takut dan menutup mukanya. Kemudian Allah berfirman bahwa Ia akan segera membebaskan umat Israel dari perbudakan bangsa Mesir. Umat-Nya sangat menderita akibat penganiayaan yang dilakukan bangsa Mesir terhadap mereka. Untuk membebaskan umat-Nya tersebut, Allah mengutus Musa ke Mesir. Musa diutus untuk membawa umat Israel menuju tanah perjanjian. Musa menjadi alat Tuhan yang akan memimpin perjalanan umat Israel keluar dari Mesir.


Sobat Teruna, saat ini Tuhan Yesus juga mengutus kita untuk menjadi murid-murid-Nya yang membawa kebaikan dan damai sejahtera-Nya bagi sesama. Kita diutus untuk menolong mereka yang masih dibelenggu kemalasan, kebencian, obat-obatan terlarang, dll. Mari kita menjalani tugas pengutusan itu dengan memohon kekuatan Tuhan. Tanpa pertolongan-Nya, kita merasa tidak mampu dan berat hati melakukan tugas pengutusan-Nya. Mari mengingat kasih dan pengorbanan Kristus yang rela diutus Bapa untuk menyelamatkan kita dari belenggu dosa. Allah Bapa sudah berbelaskasih dengan memberikan Anak-Nya yang terkasih. Mari kita juga berbelaskasih menolong teman yang masih terhalang beribadah kepada Allah karena diperbudak oleh hawa nafsu dosa. Tuhan pasti menyatakan kuasa-Nya ketika kita sungguh-sungguh melakukan tugas pengutusan-Nya bagi kemuliaan Nama-Nya.


Apa yang kamu lakukan untuk menjalankan PENGUTUSAN TUHAN?:

………………………………………………………………………………………..... …………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, tolong mampukan aku untuk menjadi teruna-teruna-Mu yang dapat membawa kebaikan dan damai sejahtera-Mu dalam kehidupan ini demi hormat dan kemuliaan Nama-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon