AKU SIAP DIUTUS TUHAN

16 Apr 2020

 

Keluaran 4 : 18 - 23

                              

18 Lalu Musa kembali kepada mertuanya Yitro serta berkata kepadanya: ”Izinkanlah kiranya aku kembali kepada saudara-saudaraku, yang ada di Mesir, untuk melihat apakah mereka masih hidup.” Yitro berkata kepada Musa: ”Pergilah dengan selamat.” 19 Adapun Tuhan sudah berfirman kepada Musa di Midian: ”Kembalilah ke Mesir, sebab semua orang yang ingin mencabut nyawamu telah mati.” 20 Kemudian Musa mengajak isteri dan anak-anaknya lelaki, lalu menaikkan mereka ke atas keledai dan ia kembali ke tanah Mesir; dan tongkat Allah itu dipegangnya di tangannya. 21 Firman Tuhan kepada Musa: ”Pada waktu engkau hendak kembali ini ke Mesir, ingatlah, supaya segala mujizat yang telah Kuserahkan ke dalam tanganmu, kauperbuat di depan Firaun. Tetapi Aku akan mengeraskan hatinya, sehingga ia tidak membiarkan bangsa itu pergi. 22 Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman Tuhan: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung; 23 sebab itu Aku berfirman kepadamu: Biarkanlah anak-Ku itu pergi, supaya ia beribadah kepada-Ku; tetapi jika engkau menolak membiarkannya pergi, maka Aku akan membunuh anakmu, anakmu yang sulung.”

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

 

Pada awalnya Musa menolak perintah yang Tuhan sampaikan kepada dirinya untuk memimpin umat Israel keluar dari tanah Mesir. Kemudian Tuhan memberi keyakinan pada diri Musa sehingga dia siap untuk melakukan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Musa memohon doa restu dari mertuanya, Yitro, dan sekaligus hendak mengajak anggota keluarganya yang akan mendampingi dirinya ke Mesir. Musa pun siap memulai perjalanannya ke Mesir untuk menghadap Raja Firaun dan kemudian membawa umat Israel pulang ke tanah nenek moyang mereka. Musa menjadi utusan Tuhan yang akan membebaskan umat Israel dari penderitaan. Musa tidak berani menolak apa yang Tuhan perintahkan karena dia melihat mujizat yang dilakukan Tuhan di hadapannya.

 

 

Sobat Teruna, sebagaimana Musa siap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai utusan Tuhan di tengah-tengah umat Israel, maka kita juga harus bersedia melakukan apa yang diperintahkan-Nya dalam firman-Nya. Tuhan Yesus meminta kita melakukan hal-hal yang baik terhadap orang tua, saudara-saudara, teman sekolah maupun saudara seiman dalam Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna dan di mana pun. Biarlah apa yang kita lakukan bermanfaat positif dan dapat dinikmati dengan penuh sukacita oleh orang lain. Mari ajak keluarga kita juga untuk ikut melayani Tuhan. Kita membawa kemuliaan nama Tuhan Yesus karena kekompakan dalam keluarga dan kesiapsediaan untuk melakukan perintah-Nya dalam hidup ini. Yakin dan percayalah bahwa Tuhan akan memampukan kita menjalankan misi-Nya. Dengan demikian kita dapat menjadi terang di tengah dunia ini. Selamat berkarya bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus. Selamat dipakai oleh Tuhan menjadi alat-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita dan keluarga di rumah, sehingga dapat menjadi berkat bagi orang lain.

 

 

Tuliskan hal-hal yang diperlukan agar kamu siap diutus Tuhan:

……………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..

 

 

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku percaya Engkau senantiasa memberi semangat dan kekuatan untuk melakukan sesuatu yang terbaik dalam kehidupan ini dan menjadi berkat yang memuliakan Nama-Mu.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon