JADILAH TERUNA YANG DAPAT DIPERCAYA


 

Keluaran 7 : 7 - 13

7 Adapun Musa delapan puluh tahun umurnya dan Harun delapan puluh tiga tahun, ketika mereka berbicara kepada Firaun. 8 Dan Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: 9 ”Apabila Firaun berkata kepada kamu: Tunjukkanlah suatu mujizat, maka haruslah kaukatakan kepada Harun: Ambillah tongkatmu dan lemparkanlah itu di depan Firaun. Maka tongkat itu akan menjadi ular.” 10 Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu mereka berbuat seperti yang diperintahkan Tuhan; Harun melemparkan tongkatnya di depan Firaun dan para pegawainya, maka tongkat itu menjadi ular. 11 Kemudian Firaun pun memanggil orang-orang berilmu dan ahli-ahli sihir; dan mereka pun, ahli-ahli Mesir itu, membuat yang demikian juga dengan ilmu mantera mereka. 12 Masing-masing mereka melemparkan tongkatnya, dan tongkat-tongkat itu menjadi ular; tetapi tongkat Harun menelan tongkat-tongkat mereka. 13 Tetapi hati Firaun berkeras, sehingga tidak mau mendengarkan mereka keduanya – seperti yang telah difirmankan Tuhan.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 



Apakah sobat Teruna pernah menonton film Frozen 2? Film tersebut menceritakan tentang dua tokoh bernama Elsa dan Anna. Mereka berdua berjuang untuk menyelamatkan hidup banyak orang agar masyarakat di sana menjadi baik, aman dan tenteram. Untuk melakukan tugas tersebut, mereka harus berjuang di tengah berbagai rintangan. Namun demikian, akhirnya mereka berhasil.


Musa dan Harun, kakaknya, yang dipercaya oleh Allah untuk membawa bangsa Israel keluar dari jajahan bangsa Mesir juga menghadapi rintangan yang berat. Rintangan terbesar mereka adalah menghadapi Raja Firaun yang memiliki hati yang keras. Karena itu dalam melaksanakan tugas tersebut, mereka diberi Allah tanda mujizat, yaitu tongkat yang dapat berubah menjadi ular. Meskipun demikian, Firaun tetap melihat bahwa hal itu tidak ada bedanya dengan pekerjaan ahli sihir di Mesir yang juga dapat mengubah tongkat menjadi ular. Hanya perbedaannya bahwa ular Musa dapat memakan seluruh ular hasil sihir ahli sihir Mesir. Ini menunjukkan bahwa Allah berkuasa atas semua ciptaan-Nya. Namun demikian, ALLAH memperkenankan Musa dan Harun mengalami kendala di awal perjuangan mereka. Firaun tidak mau mendengarkan perkataan mereka. Tentu maksud semua itu agar ALLAH semakin banyak menunjukkan mujizat-mujizat-Nya di Mesir.


Sobat Teruna, Musa dan Harun tetap melaksanakan tugas sesuai dengan kehendak Tuhan, meskipun ada rintangan. Mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya. Mari belajar seperti mereka. Ketika kita dipercaya menjalankan tugas, lakukanlah dengan penuh tanggungjawab. Itulah nilai dari sebuah kehebatan. Kita kerjakan dengan setia dan benar tugas sebagai orang yang dapat dipercaya. Teruslah berjuang dengan iman yang teguh, meskipun ada banyak rintangan. Tuhan pasti memberikan kuasa dan hikmat-Nya untuk berhasil.





 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolong jadikan aku teruna yang bertanggungjawab dan dapat dipercaya.