PEMENANG IMAN

21 Apr 2020

 

Keluaran 15 : 1 - 18

                              

1 Pada waktu itu Musa bersama-sama dengan orang Israel menyanyikan nyanyian ini bagi Tuhan yang berbunyi: ”Baiklah aku menyanyi bagi Tuhan, sebab Ia tinggi luhur, kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut. 2 Tuhan itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia. 3 Tuhan itu pahlawan perang; Tuhan, itulah nama-Nya. 4 Kereta Firaun dan pasukannya dibuang-Nya ke dalam laut; para perwiranya yang pilihan dibenamkan ke dalam Laut Teberau. 5 Samudera raya menutupi mereka; ke air yang dalam mereka tenggelam seperti batu. 6 Tangan kanan-Mu, Tuhan, mulia karena kekuasaan-Mu, tangan kanan-Mu, Tuhan, menghancurkan musuh. 7 Dengan keluhuran-Mu yang besar Engkau meruntuhkan siapa yang bangkit menentang Engkau; Engkau melepaskan api murka-Mu, yang memakan mereka sebagai tunggul gandum. 8 Karena nafas hidung-Mu segala air naik bertimbun-timbun; segala aliran berdiri tegak seperti bendungan; air bah membeku di tengah-tengah laut. 9 Kata musuh: Aku akan mengejar, akan mencapai mereka, akan membagi-bagi jarahan; nafsuku akan kulampiaskan kepada mereka, akan kuhunus pedangku; tanganku akan melenyapkan mereka! 10 Engkau meniup dengan taufan-Mu, laut pun menutupi mereka; sebagai timah mereka tenggelam dalam air yang hebat. 11 Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya Tuhan; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban? 12 Engkau mengulurkan tangan kanan-Mu; bumi pun menelan mereka. 13 Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang kudus. 14 Bangsa-bangsa mendengarnya, mereka pun menggigil; kegentaran menghinggapi penduduk tanah Filistin. 15 Pada waktu itu gemparlah para kepala kaum di Edom, kedahsyatan menghinggapi orang-orang berkuasa di Moab; semua penduduk tanah Kanaan gemetar. 16 Ngeri dan takut menimpa mereka, karena kebesaran tangan-Mu mereka kaku seperti batu, sampai umat-Mu menyeberang, ya Tuhan, sampai umat yang Kauperoleh menyeberang. 17 Engkau membawa mereka dan Kaucangkokkan mereka di atas gunung milik-Mu sendiri; di tempat yang telah Kaubuat kediaman-Mu, ya Tuhan; di tempat kudus, yang didirikan tangan-Mu, ya Tuhan. 18 Tuhan memerintah kekal selama-lamanya.”

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

 

Sobat Teruna, sebuah pepatah Cina mengatakan: “Mengasah besi batangan menjadi jarum.” Pepatah Cina ini memiliki arti pekerjaan apa pun asal dilakukan dengan tekun dan penuh keyakinan akan mendatangkan keberhasilan. Untuk mencapai keberhasilan, biasanya ada banyak hal yang kita hadapi. Ketika menghadapi persoalan-persoalan itu, apakah kita masih memiliki keyakinan yang sama seperti pertama kali bertekad untuk melakukannya?

 

Sobat Teruna, syair dalam bacaan ini adalah sebuah nyanyian kemenangan yang dinyanyikan oleh Musa bersama bangsa Israel. Nyanyian ini adalah bentuk respons umat atas perbuatan TUHAN. Nyanyian ini merupakan bentuk pengakuan iman umat Israel. Pertama, TUHAN adalah sumber kekuatan dan kemenangan. IA menyelamatkan umat-Nya dari perbudakan dan musuh ketika mereka berada di laut Teberau. IA berkuasa atas air dan musuh. Kedua, ALLAH berkuasa atas alam: angin dan laut, juga ilah-ilah bangsa-bangsa lain. Apa yang dikehendaki-Nya pasti terjadi seperti terhadap Firaun dan Mesir. Ketiga, TUHAN menebus, menuntun dan melimpahkan berkat-berkat-Nya atas umat pilihan-Nya. Mereka dapat melewati laut Teberau dalam penyertaan Tuhan dan selamat dari kejaran pasukan Mesir. Inilah wujud kasih setia TUHAN kepada umat-Nya.

 

Sobat Teruna, sudah berapa kali kita mengalami kegagalan dalam hidup ini? Sudah berapa kali kita bangkit dari kegagalan dan berjuang untuk tetap bertahan hidup? Nyanyian kemenangan Musa memberikan kekuatan bahwa TUHAN menghadirkan kita di dunia untuk menjadi pemenang iman. Hadirlah sebagai pemenang iman di tengah aliran arus kehidupan dalam ketekunan dan keyakinan akan penyertaan TUHAN. Dalam hadapi hidup ini janganlah kecut dan tawar hati di saat situasi sulit dan sukar sekalipun. Sebab Tuhan, Sang Immanuel akan menyertai kita di mana pun.

 

 

 

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan mohon berilah aku kekuatan untuk hadir sebagai pemenang iman di tengah arus dunia.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon