TUHAN YANG MENYATUKAN KEMBALI

28 Apr 2020

 

Yehezkiel 37 : 15 - 21

                              

15 Kemudian datanglah firman Tuhan kepadaku: 16 ”Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf – papan Efraim – dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia. 17 Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu. 18 Maka kalau teman-teman sebangsamu bertanya kepadamu: Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini – 19 katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan Allah: Aku mengambil papan Yusuf – yang dalam tangan Efraim – beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku. 20 Dan sedang engkau memegang papan-papan yang kautulisi itu dalam tanganmu di hadapan mereka, 21 katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan Allah: Sungguh, Aku menjemput orang Israel dari tengah bangsa-bangsa, ke mana mereka pergi; Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

 

Bertemu kembali dengan teman-teman lama ketika kita masih duduk di bangku SD atau SMP adalah hal yang menyenangkan. Reuni-reuni sekolah diselenggrakan dalam rangka melepas rindu dan mengenang kembali berbagai peristiwa suka dan duka yang penah dialami bersama yang terlalu indah untuk dilupakan. Cara yang sama Tuhan lakukan untuk mengumpulkan umat Israel yang tercerai berai dalam masa pembuangan di Babel. Sebuah “reuni akbar” Tuhan persiapkan bagi umat pilihan-Nya dari segala penjuru negeri (ayat 21). Identitas-identitas suku digali dan ditegakkan kembali. Suku Yehuda dan Yusuf bersatu mengangkat panji kesukuan mereka dengan menuliskannya di papan-papan (ayat 16-20). Allah memulihkan keadaan umat-Nya lewat penyatuan dan membangun kembali identitas sebagai sebuah bangsa yang besar. Reuni antar suku ini meningkatkan kembali kepercayaan diri umat Tuhan. Setelah sekian lama mereka hidup dalam pembuangan di Babel dengan sikap mental seorang budak, Tuhan menyatukan kembali dan mengubah mereka menjadi manusia yang mempunyai mental sebagai masyarakat dari bangsa yang berdaulat.

 

Sobat Teruna, persekutuan umat Tuhan juga berperan dalam memulihkan kehidupan kita yang terpisah satu dengan yang lain. Dengan menyadari bahwa kita adalah bagian dari satu komunitas persekutuan yang bernama Pelayanan Kategoral Persekutuan Teruna GPIB, maka ada sukacita tersendiri di tengah kedukaan dan kesepian. Penghiburan itu menimbulkan kepercayaan diri dan semangat untuk dapat memerangi keterpurukan karena pergumulan hidup ini. Reuni-reuni kecil yang dilakukan setiap minggu, dalam perjumpaan dengan teman-teman dan kakak pelayan di IHMPT, tentunya selalu membawa semangat baru dan penyegaran dalam kita menapaki hidup yang penuh tantangan. Sebab kasih Tuhan dinyatakan lewat tindakan-tindakan kebajikan yang dilakukan umat-Nya satu sama lain.

 

 

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Mohon peliharalah persekutuan Pelkat PT GPIB ya Allah, karena di dalamnya aku beroleh sukacita dan semangat baru menghadapi pergumulan hidup ini.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon