BAIT ALLAH = KAMU

2 May 2020

 

1 Korintus 3 : 10 - 23

                              

10 Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. 11 Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. 12 Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, 13 sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. 14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. 15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api. 16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu. 18 Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat. 19 Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis: ”Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya.” 20 Dan di tempat lain: ”Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka.” 21 Karena itu janganlah ada orang yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu adalah milikmu: 22 baik Paulus, Apolos, maupun Kefas, baik dunia, hidup, maupun mati, baik waktu sekarang, maupun waktu yang akan datang. Semuanya kamu punya. 23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Sobat Teruna, bacaan hari ini merupakan bagian dari surat Paulus kepada jemaat Korintus. Isi perikopnya penuh dengan bahasa simbol yang mempunyai makna mendalam untuk dipahami oleh kita yang hidup pada masa sekarang. Ada beberapa fakta luar biasa mengenai kehidupan sebagai anak-anak Tuhan:

 

Fakta 1:     Kristus adalah dasar bait Allah (ayat 11). Artinya, Kristus juga menjadi dasar hidup kita.

Fakta 2:    Kita diberikan kebebasan untuk membangun diri. Namun demikian, apa yang kita lakukan terhadap diri sendiri suatu saat akan diuji untuk diberi upah (ganjaran) yang sesuai (ayat 12-15).

Fakta 3:     Kita adalah bait Allah karena Roh-Nya diam di dalam kita (ayat 16).

Fakta 4:    Bait Allah itu kudus. Bait Allah itu adalah kita. Siapa yang merusak atau memusnahkan kita, berarti dia membinasakan bait Allah (ayat 17).

Fakta 5:    Kita adalah milik Kristus. Kristus adalah milik Allah. Berarti diri kita ini ada pemiliknya (ayat 23).

 

Sobat Teruna, kita tidak boleh memberlakukan diri sendiri dengan sembarangan. Karena Roh Allah ada di dalamnya. Hal ini yang sering dilupakan oleh orang-orang Kristen atau pun para teruna. Mereka merasa hidup dalam kedagingan (sifat-sifat duniawi) adalah wajar, karena manusia adalah makhluk yang lemah. Sikap yang memaklumkan kondisi kedagingan manusia sebagi hal yang wajar adalah sesat. Karena, sekali lagi, kita adalah bait Allah itu sendiri. Dapatkah bait Allah digunakan sebagi sarang untuk menampung semua sifat cemar manusia? Tentu tidak! Karena itu teruslah hidup kudus sebagimana seharusnya sebuah bait Allah yang suci. Pakailah kebebasan kita secara bertanggungjawab. Kristus harus menjadi pedoman dan dasar, karena kita adalah milik kepunyaan-Nya yang berharga.

 

 

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong ajarlah aku untuk mengingat bahwa diriku adalah bait Allah dan jadikan hidupku kudus serta berkenan kepada-Mu.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon