CERITAKANLAH KEBESARAN TUHAN

23 May 2020

 

Yoel 1 : 1 - 12

                              

1 Firman Tuhan yang datang kepada Yoël bin Petuel. Dengarlah ini, hai para tua-tua, pasanglah telinga, hai seluruh penduduk negeri! Pernahkah terjadi seperti ini dalam zamanmu, atau dalam zaman nenek moyangmu? 3 Ceritakanlah tentang itu kepada anak-anakmu, dan biarlah anak-anakmu menceritakannya kepada anak-anak mereka, dan anak-anak mereka kepada angkatan yang kemudian. 4 Apa yang ditinggalkan belalang pengerip telah dimakan belalang pindahan, apa yang ditinggalkan belalang pindahan telah dimakan belalang pelompat, dan apa yang ditinggalkan belalang pelompat telah dimakan belalang pelahap. 5 Bangunlah, hai pemabuk, dan menangislah! Merataplah, hai semua peminum anggur karena anggur baru, sebab sudah dirampas dari mulutmu anggur itu! 6 Sebab maju menyerang negeriku suatu bangsa yang kuat dan tidak terbilang banyaknya; giginya bagaikan gigi singa, dan taringnya bagaikan taring singa betina. 7 Telah dibuatnya pohon anggurku menjadi musnah ,dan pohon araku menjadi buntung; dikelupasnya kulitnya sama sekali dan dilemparkannya, sehingga carang-carangnya menjadi putih. 8 Merataplah seperti anak dara yang berlilitkan kain kabung karena mempelai, kekasih masa mudanya. 9 Korban sajian dan korban curahan sudah lenyap dari rumah Tuhan; dan berkabunglah para imam, yakni pelayan-pelayan Tuhan. 10 Ladang sudah musnah, tanah berkabung, sebab gandum sudah musnah, buah anggur sudah kering, minyak sudah menipis. 11 Para petani menjadi malu, tukang-tukang kebun anggur meratap karena gandum dan karena jelai, sebab sudah musnah panen ladang. 12 Pohon anggur sudah kering dan pohon ara sudah merana; pohon delima, juga pohon korma dan pohon apel, segala pohon di padang sudah mengering. Sungguh, kegirangan melayu dari antara anak-anak manusia.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Nico baru saja membeli kaos Jersey tim sepakbola kesayangannya, yaitu Liverpool. Nico dapat membeli baju baru tim kesayangannya karena menyisihkan sebagian uang jajannya. Nico senang sekali dengan baju baru itu. Dia menceritakan kepada teman-temannya bagaimana usahanya mendapatkannya. Nico merasa senang bukan hanya karena mendapatkan seragam yang modern, tapi juga tampilannya yang berbeda dengan sponsor baru di seragam tim kesayangannya. Nico mengenakan seragam itu pada saat latihan sepakbola di dekat rumahnya.

 

Firman Tuhan hari ini mengisahkan kepada kita, bahwa Yehuda dan Yerusalem diserang oleh belalang. Meski merupakan sesuatu yang biasa pada masa itu, tapi serangan yang terjadi sangat luar biasa. Jumlah belalangnya sangat banyak secara silih berganti sehingga menghancurkan banyak tanaman. Datangnya belalang ke negeri itu juga mau mengisahkan tentang hukuman, karena dosa-dosa mereka dan kebesaran kuasa TUHAN atas manusia. Kerusakan yang disebabkan oleh serangan belalang juga berkaitan dengan peribadahan mereka. Mereka menjadi sangat berdukacita, yaitu para petani, tukang kebun, imam dan pelayan di rumah Allah. Kesedihan ini harus disampaikan kepada generasi selanjutnya agar mereka mengerti dan mengenal TUHAN dengan baik dan menjadi keturunan yang takut akan Dia.

 

Firman Tuhan hari ini mau mengingatkan bahwa kebesaran TUHAN selalu dinyatakan dalam kehidupan kita. Kebesaran TUHAN itu dinyatakan-Nya lewat berbagai macam cara. Kebesaran TUHAN itu merupakan cinta-Nya kepada manusia, seperti kasih orang tua kepada anak-anaknya. Karenanya, kebesaran TUHAN itu harus kita ceritakan mulai dari dalam keluarga, di sekolah, tempat bermain dan di mana saja lewat sikap hidup yang baik dan menghormati orang lain. Jadilah teruna yang kagum dan takut akan Tuhan.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolonglah aku untuk dapat menceritakan kebesaran kuasa-Mu dalam kehidupan setiap hari lewat perbuatan baik agar nama-Mu dimuliakan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon