KEMBALI KEPADA TUHAN, JANGAN LARI TERUS


Yoel 2 : 12 - 14

12 ”Tetapi sekarang juga,” demikianlah firman Tuhan,”berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu,dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh.” 13 Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu,berbaliklah kepada Tuhan, Allahmu,sebab Ia pengasih dan penyayang,panjang sabar dan berlimpah kasih setia,dan Ia menyesal karena hukuman-Nya. 14 Siapa tahu, mungkin Ia mau berbalik dan menyesal, dan ditinggalkan-Nya berkat,menjadi korban sajian dan korban curahanbagi Tuhan, Allahmu.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Lala marah karena mendapatkan hukuman dari mama. Hukuman itu diberikan oleh mama karena Lala mendapatkan nilai jelek saat ulangan Matematika. Nilai jelek itu diperoleh Lala karena dia tidak mau belajar saat ulangan padahal mama sudah memberitahukannya berulang kali. Hukuman yang diberikan untuk Lala adalah tidak diberikan uang jajan dan dilarang bermain gadget lagi sampai nilai ulangannya menjadi baik. Awalnya Lala tidak menerima hukuman itu karena dianggap memberatkannya. Namun, setelah diajak bicara oleh mama, Lala menjadi sadar dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Lala berjanji mulai hari itu untuk belajar dengan lebih rajin dan serius lagi agar berhasil di sekolah. Menjadi pintar dengan berusaha keras itu sangat penting karena kepintaran itu akan dirasakan oleh Lala sendiri.


Firman Tuhan pada hari ini ingin menyampaikan kepada kita, bahwa kesalahan atau dosa pasti akan diampuni oleh TUHAN, jika manusia sungguh-sungguh mengakuinya dan berjanji untuk tidak mengulanginya. TUHAN meminta manusia bertobat secara sungguh-sungguh dalam hidupnya supaya mereka tetap diberkati oleh-Nya. TUHAN meminta manusia bertobat setulus hati, bukan cuma sekedar janji di mulut saja. TUHAN meminta manusia bertobat juga karena besarnya cinta dan kasih sayang TUHAN kepada mereka.


Jika Sobat Teruna melakukan kesalahan karena perbuatan dosa kepada TUHAN, datanglah kepada-Nya dan bertobatlah secara sungguh-sungguh, agar pertobatan itu menjadi berkat bagi diri kita. TUHAN hanya meminta kesungguhan dan ketulusan kita untuk terus hidup baik di hadapan-Nya. Jangan lari terus dari TUHAN kalau kita melakukan kesalahan tapi kembalilah kepada-Nya. Pertobatan itu bicara tentang kejujuran dan ketulusan di hadapan TUHAN. Mari menjadi teruna yang hidup jujur dan tulus.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolong ajarlah aku untuk tidak mengulangi kesalahan agar kehidupanku di sepanjang hari ini menjadi berkat bukan hanya bagi diriku tapi juga bagi orang lain.