PERSIAPKANLAH DIRIMU SELALU

25 May 2020

 

Yoel 3 : 9 - 11

                              

Maklumkanlah hal ini di antara bangsa-bangsa: bersiaplah untuk peperangan, gerakkanlah para pahlawan; suruhlah semua prajurit tampil dan maju! 10 Tempalah mata bajakmu menjadi pedangdan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: ”Aku ini pahlawan!” 11 Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpullah ke sana! Bawalah turun, ya Tuhan, pahlawan-pahlawan-Mu!

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Mama Lala pernah mengatakan kepadanya kalau pergi ke sekolah semua perlengkapan belajar harus dibawa dengan lengkap. Dengan membawa peralatan yang lengkap, maka Lala tidak perlu meminjam kepada temannya. Mama Lala menjelaskan kalau perlengkapan belajar yang dibawa ke sekolah sama dengan senjata dan peluru para prajurit yang akan menuju medan perang. Kalau mereka tidak membawa senjata dan peluru, maka tidak dapat berperang. Hal yang sama juga berlaku kalau seseorang mau pergi ke sekolah.

 

Bacaan hari ini menyampaikan kepada kita bahwa umat Tuhan diminta untuk mempersiapkan diri sebelum berperang. Persiapan yang dilakukannya bukan hanya soal senjata tapi juga memohon berkat dari Tuhan untuk peralatan yang dipergunakan dalam peperangan. Hal ini memperlihatkan kepada kita bahwa sehebat apa pun manusia, tetap memerlukan Tuhan untuk memberkati tindakannya. Karena adanya peperangan, maka semua kegiatan pertanian pada waktu itu menjadi berhenti, sebab semua peralatan berubah fungsi menjadi senjata untuk berperang. Bahkan bangsa-bangsa yang ada di sekitar Yehuda harus membantu mereka. Ada lagi permintaan kepada Tuhan agar para pahlawan-Nya juga dapat diikutsertakan dalam peperangan itu.

 

Firman Tuhan hari ini mau mengingatkan kita agar dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan. Sebab masa depan kita harus diraih dengan perjuangan yang berat. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan, agar setiap usaha yang kita lakukan untuk masa depan diberkati oleh-Nya. Dengan memohon berkat dari Tuhan maka usaha kita tidak akan menjadi sia-sia. Jangan mengandalkan diri kita sendiri, karena merasa diri pandai dan mempunyai orangtua yang kaya. Sebab penentu segala sesuatu adalah Tuhan. Andalkanlah Tuhan dan giatlah belajar, maka kita dibuat-Nya berhasil.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, mohon berkatilah kerjakerasku dalam menggapai cita-cita di masa depan agar semuanya menjadi berkat bagi sesama ciptaan-Mu

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon