GAK ADA RUGINYA MENAATI PERINTAH

26 May 2020

 

Amos 2 : 4 - 5

                              

Beginilah firman Tuhan: ”Karena tiga perbuatan jahat Yehuda, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menolak hukum Tuhan, dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya, tetapi disesatkan oleh dewa-dewa kebohongannya, yang diikuti oleh nenek moyangnya, Aku akan melepas api ke dalam Yehuda, sehingga puri Yerusalem dimakan habis.”

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Berulangkali ayah selalu mengingatkan Lulu agar tidak terlalu banyak makan coklat. Kalau terlalu banyak makan coklat, maka Lulu akan batuk. Lulu tidak mendengarkan perintah ayahnya sehingga pada akhirnya dia batuk dan tidak dapat merayakan tahun baru seperti teman-temannya yang lain. Sebagai hukuman karena ketidaktaatan atas perintah ayahnya, Lulu tidak diberikan uang jajan selama satu minggu. Hal ini tentu membuat Lulu sedih tapi mau bagaimana lagi, dia harus menanggung akibat perbuatannya sendiri.

 

Bacaan pada hari ini menyampaikan bahwa karena ketidaktaatan orang Israel kepada Tuhan maka Dia akan memberikan hukuman atas mereka. Hukuman itu diberikan karena bangsa Israel tidak beribadah kepada Allah. Mereka menyembah dewa-dewa yang ada di sekitarnya. Padahal dewa-dewa di sekitar mereka hanya dapat memberikan janji tanpa bisa mewujudnyatakannya. Perbuatan itu meniru yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Padahal mereka diminta untuk beribadah dan menyembah hanya kepada Allah saja. Hukuman yang Allah berikan kepada mereka sudah bulat. Allah tidak akan menarik keputusannya. Hal itu merupakan konsekuensi yang sudah Allah tetapkan bahwa ketaatan akan berbuahkan berkat dan sukacita sedangkan ketidaktaatan mengakibatkan hukuman.

 

Sobat Teruna, renungan hari ini mau mengajak kita untuk hidup taat pada perintah Tuhan. Kehadiran Tuhan dapat kita alami melalui bimbingan orang tua yang mengajarkan firman Allah. Sebab itu kita harus menghormati dan mendengarkan nasihat orangtua. Menaati orang tua akan memberikan kebahagiaan. Sedangkan melawan mereka akan mendapatkan hukuman. Orang tua memberikan perintah karena mereka ingin anaknya menjadi baik dan teratur dalam hidupnya. Yuk... taati perintah Tuhan dan orang tua dengan sukacita supaya hidup kita menjadi lebih baik.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, tolonglah aku untuk dapat menaati perintah-Mu dan nasihat orangtua supaya kehidupanku menjadi baik dan diberkati.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon