BERANI MENYATAKAN DAN MELAKUKAN KEBENARAN!

27 May 2020

 

Amos 3 : 9 - 11

                              

Siarkanlah di dalam puri di Asyur dan di dalam puri di tanah Mesir serta katakan: ”Berkumpullah di gunung-gunung dekat Samaria dan pandanglah kekacauan besar yang ada di tengah-tengahnya dan pemerasan yang ada di kota itu.” 10 ”Mereka tidak tahu berbuat jujur,” demikianlah firman Tuhan,” mereka itu yang menimbun kekerasan dan aniaya di dalam purinya.” 11 Sebab itu beginilah firman Tuhan Allah: ”Musuh akan ada di sekeliling negeri, kekuatanmu akan ditanggalkannya dari padamu, dan purimu akan dijarahi!”

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Lala dan Lulu merupakan teman sekelas. Di kelas ada Lila, teman mereka yang berbeda agama dengan kawan-kawan yang lainnya. Lila seringkali di-bully oleh teman-teman yang lainnya, padahal dia bukanlah anak nakal dan tidak suka membuat onar. Bahkan Lila dituduh mencuri alat tulis Lili. Padahal yang mencuri adalah Lali. Karenanya Lala dan Lulu menegur teman-teman mereka bahwa perbuatan yang dilakukan itu salah. Lala dan Lulu mengatakan bahwa yang mencuri alat tulis Lili adalah Lali. Mereka melihat ketika Lali mengambil alat-alat tulis dari tas Lili dan dipindahkan ke dalam tas Lila. Lala dan Lulu pun akhirnya memberanikan diri untuk mengatakan kejadian itu secara jujur karena mereka sudah berbuat yang tidak baik terhadap Lila.

 

Firman Tuhan pada hari ini menyampaikan kepada kita bahwa di Samaria kejahatan berupa kekerasan dan aniaya sudah menjadi sesuatu yang biasa dilakukan. Penindasan oleh orang kaya terhadap orang miskin kerap terjadi. Termasuk di dalamnya penjarahan yang juga terus dilakukan oleh mereka. Kejahatan yang dilakukan di Samaria bukanlah hal yang disembunyikan tetapi dilakukan secara nyata atau terang-terangan. Kejahatan yang terjadi di sana seakan memperlihatkan bahwa keadilan tidak ada sama sekali dalam kehidupan mereka. Kejahatan yang dilakukan akan membuat mereka menjadi hancur. Hal tersebut dikarenakan bangsa-bangsa di sekitarnya akan menyerang untuk menghukum mereka.

 

Sobat Teruna, firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk selalu berani menyatakan kebenaran. Dalam kehidupan kita saat ini kebanyakan orang melakukan ketidakbenaran. Melakukan kebenaran dan kebaikan harus selalu dilakukan dalam kehidupan kita setiap hari. Dengan demikian kehidupan kita menjadi berkat bagi siapa pun meski mereka berbeda agama dan suku.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, tolong mampukan aku untuk berani menyatakan kebenaran dalam kehidupanku agar kehadiranku menjadi berkat bagi sesama ciptaan TUHAN.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon